Ujicoba Sebelum Jajal Kualifikasi

Ujicoba Sebelum Jajal Kualifikasi
UJICOBA: Tim sepakbola NTB sedang menjalani uji coba sebelum diberangkatkan.( NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Tim prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) sepakbola NTB sudah tuntas diseleksi belum lama ini. Saat ii tim tersebut tengah mematangkan persiapan akhir sebelum turun di pra PON, awal Desember mendatang.

“Salah satu persiapannya dengan menggelar laga uji coba melawan klub-klub lokal,” ujar Manajer tim pra PON NTB, Mohamad Shalahuddin, Jumat (15/11).

Uji coba pertama sudah dilakukan melawan klub di Lingsar. Hasilnya tim pra PON berhasil menang 5-0. Meski hasilnya memuaskan, namun ada beberapa hal yang harus dibenahi.

Pria yang akrab disapa Dino ini menjelaskan, kemenangan di satu laga ujicoba belum menunjukkan performa yang diharapkan. Untuk itu, tim pra PON akan melakukan sejumlah laga uji coba melawan klub bola di Mataram dan Loteng.

“Kita juga usahakan bisa uji coba dengan klub di Bali. Tujuannya agar anak-anak bisa dapat lawan yang seimbang,” katanya.

Saat ini, komposisi tim inti pra PON masih belum diputuskan. Tim pra PON berjumlah 27 orang. Mereka adalah pemain hasil seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Selain hasil seleksi, ada satu pemain yang merupakan pemain klub Liga 3 yang merumput di Persenga (Nganjuk). Dari jumlah tersebut, akan diambil 23 orang untuk menjadi tim pra PON.

Dalam hal ini, Pelatih Jan Saragih sudah punya kerangka tim inti. Tapi nanti diputuskan menjelang hari H.

Lebih lanjut, Dino menjelaskan untuk Pra-PON sepakbola menggunakan pembagian zona. Ada delapan zona yang akan melaksanakan pra PON. Yakni grup Porwil Sumatera yang akan diikuti 10 provinsi, antara lain Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumsel, dan Lampung.

“Untuk grup ini mendapatkan kuota lolos PON sebanyak tiga provinsi,” jelasnya.

Kemudian grup 1 yang berisi tiga provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jateng. Grup ini mendapatkan jatah satu provinsi. Grup 2 diisi Yogyakarta, Jatim, dan Kalsel. Ini juga mendapatkan jatah satu provinsi. Grup 3 diisi Kalteng, Kaltara, dan Kaltim. Satu provinsi terbaik juga akan diambil di grup 3.

NTB sendiri berada di grup 4 bersama Bali dan NTT. NTB harus bersaing memperebutkan satu tiket ke PON Papua di grup 4.

Grup 5 diisi Sulut, Gorontalo, dan Sulteng. Grup 6 berisi Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan. Grup 7 diisi Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Adapun tim Pra-PON NTB akan mulai bertanding pada 5-9 Desember mendatang.

Rangkaian pra PON grup 4 akan digelar di Stadion I Wayan Dipta Gianyar. Sedangkan untuk drawing pertandingan akan dilakukan 20 November.

“Total tiket PON yang diperebutkan ada 10. Sedangkan tuan rumah Papua dan juara bertahan Jabar otomatis lolos ke PON Papua,” pungkasnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid