Ujian Semester SMP/MTs Mulai Hari Ini

Ilustrasi Ujian Semester

MATARAM—Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram, H. Lalu Muhammad Sidik mengatakan, ujian semester lembaga pendidikan jenjang SMP/MTs mulai hari ini.

“Suasana ujian semester kali ini berbeda dari sebelumnya. Semoga dengan ujian di bulan Ramadan ini siswa bisa menghadapinya lebih khusuk,” katanya, Sabtu (3/6).

Perbedaan suasana dalam semester kali ini, jelasnya, sangat kontras terasa. Dimana siswa tidak saja dihadapkan dengan ujian, tapi juga ibadah puasa.

Namun demikian, ia berharap dengan ibadah puasa yang sedang dijalani siswa akan bisa mendatangkan kefokusan. Di lain sisi, dengan dilaksanakannya ujian di bulan Ramadan diharapkan bisa menambah porsi belajar siswa.

“Karena mereka akan bangun tengah malam untuk makan sahur dan kita sarankan dilanjutkan dengan belajar setelah itu,” terangnya.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Mataram Saptadi Akbar mengatakan, pelaksanaan ujian tahun ini memang cukup berbeda. Namun hal ini tidak membuat pihaknya menjadi merasa terganggu.

Sebelum ujian dilaksanakan, pihaknya mengaku sudah memberikan pembinaan terhadap siswa yang akan mengikuti ujian. Langkah ini diharapkan bisa membuat siswa bisa meraih hasil maksimal saat ujian. (cr-rie)

BACA JUGA :  Sistem Zonasi PPDB Dinilai Peraturan Aneh