UIN Mataram Terima 1.165 Maba Melalui Jalur UM-PTKIN

H Subuhi (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pengumuman jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2021. sesuai dengan nomor.1337/Un.12/PP.00.9/06/2021 tentang pengumuman kelulusan dan bisa mengakses website resmi UM-PTKIN 2021. Pengumuman.um ptkin.ac.id atau bisa diakses melalui website uinmataram.ac.id.

Kepala Biro Akademik UIN Mataram H Subuhi mengungkapkan penerimaan calon mahasiswa baru UIN Mataram melalui jalur UM-PTKIN tahun 2021/2022 sudah resmi. UIN Mataram sendiri yang mendaftar sebanyak 2.628 calon pendaftar. Dari hasil seleksi yang lulus sebanyak 1.165 calon mahasiswa.

“Yang lulus sebanyak 1.165 calon mahasiswa melalui jalur UM-PTKIN UIN Mataram,” sebut H Subuhi kepada Radar Lombok, Senin (21/6).

BACA JUGA :  Dikbud NTB Kembangkan Program GSMS

Dikatakan Subuhi, dalam pengumuman tersebut ditetapkan tanggal dan waktu pelaksanaan. Dimulai dari calon mahasiswa baru mengisi biodata secara online di laman bit.ly/regptkin21uinma berlangsung mulai tanggal 17-23 Juni 2021. selanjutnya pengumuman UKT di laman ukt.uinmataram.ac.id tanggal 28 juni dan pembayaran UKT tanggal 28-16 Juli 2021.

“Apabila nanti calon mahasiswa yang lulus melalui jalur UM-PTKIN UIN Mataram ini tidak melakukan registrasi sampai dengan batas yang telah ditentukan, maka sistem menolak alias gugur,” jelasnya.

Untuk diketahui, pendaftaran semuanya online dengan sistem ujian melalui Sistem seleksi elektronik (SSE).  Kuota tahun sebelumnya dengan tahun ini sama saja, tidak ada perbedaan.

BACA JUGA :  Prof Hadi Fadli Siap Menjadikan UIN Mataram Berkelas Asia

Dijelaskan Subuhi, penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, diantaranya melalui seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (SPANPTKIN), seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN) dan seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) Mandiri. Dari tiga jalur ini memiliki kuota untuk SPANPKIN 40 persen, UMPTKIN, 40 persen dan SPMB Mandiri 20 persen.

“Kuota mahasiswa baru UIN Mataram tahun ini sekitar 3000 orang dari tiga jalur seleski penerimaan calon mahasiswa baru,” sebutnya. (adi)