Dikbud akan Awasi Sekolah Swasta

ILUSTRASI PPDB

MATARAM—Setelah proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) usai, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB akan melakukan pengawasan terhadap sekolah-sekolah swasta.

Kabid Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB H Surya Bahari mengatakan,pengawasan untuk menjamin keberlangsung pendidikan di sekolah setempat, termasuk dalam pemerataan kualitas pendidikan. Pengawasan akan dilakukan  selama dua  hingga tiga bulan mendatang. Setelah itu baru pihaknya akan turun ke SMA negeri. “ Pengawasan kita terhadap sekolah swasta ini, agar tidak mengabaikan siswa baru  yang sudah menjadi siswanya. Dengan begitu kualitas dan pemerataan yang kita harapkan bisa terwujud,” katanya Selasa kemarin (18/7).

Disebutnya, pengawasan ini murni tujuannya untuk perbaikan kualitas di semua sekolah termasuk sekolah swasta. Karena itu, proses belajar mengajar serta fasilitas  pendukungnya agar diperhatikan.  Sehingga sekolah swasta juga memiliki daya saing tinggi dalam hal meningkatkan kualitas sekolahnya.“Sekolah swasta kita hanya beberapa yang punya kualitas bagus, sehingga kita harus turun gunung perhatikan mereka dengan mengawasi kinerjanya,” tambah Surya.

Sekretaris FSS Kota Mataram Muhyidin merespon baik rencana Dikbud NTB.  Diharapkan, pengawasan ini juga diserta pembinaan, agar sekolah swasta bisa sejajar dengan sekolah negeri. Dengan begitu, pemerataan pendidikan  bisa dicapai. “Kita respon dengan baik. Soalnya ini kan untuk kepentingan kita juga kok,” katanya.(cr-rie)