Transmigrasi, Pemkot Sediakan Kuota 25 KK

KAWASAN KUMUH : Masyarakat yang tinggal dikawasan padat dan kumuh cocok untuk ikut program transmigrasi (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM-Dinas Tenaga Kerja  Kota Mataram menyediakan  kuota 25 Kepala Keluarga dalam program transmigrasi tahun ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H. Syaiful Mukmin menjelaskan, Bidang Transmigrasi di Dinas Tenaga Kerja tetap ada. Untuk tahun ini ada kuota 25 KK untuk program transmigrasi.

Meski sudah disiapkan, namun untuk saat ini pihaknya belum  mengetahui kapan dan dimana daerah penempatan warga yang akan dibuka oleh pemerintah pusat. Sampai saat ini belum ada informasi soal itu.

Setiap tahun kata Saiful, ada saja warga Kota Mataram yang ikut transmigrasi. Tahun lalu misalnya, ada 2 sampai 5 orang berangkat transmigrasi.

[postingan number=3 tag=”mataram”]

Terhadap program ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi. Ia melihat masih banyak potensi masyarakat Kota Mataram yang akan  berangkat tahun ini. Karena biasanya masyarakat yang  berangkat transmigrasi itu  menunggu kabar warga lan yang sudah berangkat duluan.

Sementara itu menurut pengamat ekonomi dan tim penanggulangan kemiskinan Dr. Iwan Harsono, program transmigrasi masih dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk mereka yang tinggal di kawasan padat penduduk. Saat ini angka  penduduk miskin Kota Mataram masih berkisar di angka 10  persen lebih. Program transmigrasi akan   bisa mengurangi angka kemiskinan.”Transmigrasi bagus untuk menurunkan angka kemiskinan,” kata Iwan.

Namun ia berharap masyarakat yang akan transmigrasi ini bersifat sukarela atas permintaan sendiri dan daerah yang menjadi tujuan diharapkan daerah-daerah yang memang potensi alamnya cukup besar.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid