TPAKD Mataram Bakal Hadirkan Program ‘Harum Berseri’

Analis Bagian Pengawasan Perilaku PUJK, EPK, LMS OJK Provinsi NTB Muhammad Abdul Manan bersama pengurus TPAKD Kota Mataram.

MATARAM – Dalam rangka mendukung strategi peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan masyarakat di Kota Mataram, OJK Provinsi NTB melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Mataram menyelenggarakan Rapat Pleno di Ruang Kenari, Aula Sekretariat Daerah Kota Mataram, Kamis (21/3).

Analis Bagian Pengawasan Perilaku PUJK, EPK, LMS OJK Provinsi NTB Muhammad Abdul Manan mengatakan bahwa rapat dilaksanakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan program TPAKD pada tahun 2023, serta menetapkan program unggulan yang akan dilaksanakan selanjutnya oleh Pemkot Mataram.

“Hal ini sejalan dengan fungsi TPAKD selaku forum koordinasi bagi lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mempercepat akses keuangan di daerah, yang berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat,” kata Manan.

Baca Juga :  Resmikan Kantor OJK NTB Percepat Pemulihan Ekonomi Daerah

Manan mengatakan, bahwa pada kegiatan tersebut disepakati juga untuk melanjutkan pelaksanaan program unggulan TPAKD Kota Mataram. Pertama, yaitu program KEJAR (1 Rekening 1 Pelajar), bertujuan untuk meningkatkan budaya menabung bagi pelajar dan melatih pengelolaan keuangan sejak dini.

Selanjutnya kedua adalah Program HARUM BERSERI (Bebaskan Masyarakat dari Sengsara Riba), yang bertujuan untuk membuka akses pembiayaan berbasis syariah tanpa margin kepada masyarakat pelaku usaha ultra mikro, sehingga terbebas dari jerat rentenir.

Baca Juga :  OJK NTB 'Ngeraos Solah' bersama Lurah dan Camat

“Program ini juga menjadi alternatif sumber permodalan usaha dengan proses cepat, mudah, berbiaya rendah, dan persyaratan sederhana,” ucap Manan.

Kemudian yang terakhir, lanjut Manan, yaitu penetapan zona inklusi dan literasi keuangan melalui layanan QRIS sebagai alat transaksi, yang bertujuan untuk memudahkan proses transaksi secara cepat dan terjaga keamanannya. Dengan adanya sinergitas dan kolaborasi para pihak di TPAKD Kota Mataram.

“Kita berharap dapat membuka akses keuangan yang seluas-luasnya bagi masyarakat, yang memberikan dampat positif pada pertumbuhan ekonomi Kota Mataram,” tandasnya. (luk)

Komentar Anda