Tim Penilai Lomba Anugerah Kencana Datangi Loteng

acara sambutan rombongan tim lomba Anugerah Kencana tingkat Provinsi NTB oleh Pemkab Loteng di ruang Rapat Utama Kantor Bupati Loteng

PRAYA—Rombongan tim penilai lomba Anugerah Kencana tingkat Provinsi NTB mulai bergerak melakukan penilaian di wilayah kabupaten Lombok Tengah. Rombongan diterima oleh Pemerintah Loteng di ruang Rapat Utama Kantor Bupati Loteng. Rombongan diterima langsung oleh ketua TP PKK Loteng dan Asisten I Setdakab Loteng.

Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili Fadil Tohir yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Loteng, ir HL M Amin dalam sambutannya menyatakan, kunjungan tim penilai ke Kabupaten Loteng akan dapat memberikan motivasi terhadap seluruh pengelola dan pelaksana program ketahanan keluarga untuk berbuat yang lebih baik lagi bagi masyarakat bumi Tatas Tuhu Trasna. ‘’Kami juga berharap peniloaian tingkat Provinsi ini akan meningkatkan motivasi jajaran Pemerintahan dan Masyarakat Loteng untuk lebih semangat dan lebih giat dalam mengintergrasikan pemikiran dan tenaga demi kemajuan masyarakat Loteng,’’ ungkapnya.

[postingan number=3 tag=”loteng”]

Keberhasilan program ketahanan keluarga di Loteng menurutnya merupakan nuah dari kerjasama antar instansi terkait pada semua tingkatan wilayah. Artinya kegiatan ini merupakan kegiatan lintas sektoral yang memiliki tujuan mulia dalam rangka turut serta menyiapkan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. ‘’oleh sebab itu tanpa kerjasama semuan pihak maka program ini belum tentu sukses,’’ ujarnya.

Dijelaskan juga yang akan di nilai pada lomba tersebut yakni sejumlah Kader dan kelompok binaan yang telah melalui proses penilaia di tingkat kabupaten. Dimana Kader dan kelompok tersebut yakni, kelompok binaan keluarga Balita Ananda yang ada di dusun Tojak desa Barabali kecamatan Batukliang, kelompok binaan keluarga remaja Mentari desa Prai Meke kecamatan Praya Tengah, kelompok bina keluarga Lansia Melati IV desa Jelantik kecamatan Jonggat, kelompok UPPKS Cempake desa Mekar Damai kecamatan Praya, keluarga Harmonis Sejahtera di dusun Tojak desa Barabali kecamatan Batukliang. PIK R unggulan jalur pendidikan yakni PIK R Mekar SMAN 4 Praya, motivator KB Pria desa Bujak kecamatan Batukliang, bidan oraktik Mendiri desa Aik Darek kecamatan Batukliang, Puskesmas MKJP di Puskesmas Truwai kecamatan Pujut, PLKB, PPKBD, peserta KB Lestari, lomba pidato pendidikan kependudukan dan lomba karya tulis kependudukan yang akan di nilai di kantor DP3APPKB. ‘’Dimana kelompok yang saya sebutkan tadi saat ini sudah siap untuk di nilai oleh tim dari Provinsi,’’ yakinnya.

Terhadap tim penilai, Amin berharap agar tim penilai dapat memberikan penilaian yang terbaik. Sehingga dengan harapan nantinya kabupaten Loteng dapat terpilih dan mewakili Provinsi NTB dalam lomba serupa di tingkat Nasional. ‘’Penilaian tim yang objektif akan menjadi semangat berguna bagi jajaran Pemerirntah Loteng dalam memperbaiki kekurangan dan mengambil pelajaran guna untuk perbaikan kedepannya,’’ harapnya.

Sementara ketua tim penilai, Dra Baiq Nurhayati menyatakan, ada banyak indikator yang akan menjadi acuan penilaian yang akan dilakukan. Lomba ini di gelar sebagai salah satu inpelmentasi dari UU 52 tahun 2009. Dimana tujuan utama dari program ini yakni bagaimana kedepannya pertumbuhan penduduk bisa di atur dan dengan harapan agar pernikahan dini di kalangan remaja bisa di redam sedemikian mungkin. ‘’Yang jelas melalui program ini kami dari BKKBN mampu untuk menjalankan UU 52 tahun 2009 dengan baik di masyarakat,’’ paparnya singkat.(wid/adv)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid