Terima SK, Sehari Kerja, PNS Langsung Terima Gaji

BUAT REKENING: Tampak 132 CPNS Kota Mataram formasi tahun 2021 setelah menerima SK pengangkatan PNS, langsung membuat rekening bank. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Sebanyak 132 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram formasi 2021 menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan. Penyerahan SK diserahkan langsung oleh Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, bertempat di Aula Pendopo Wali Kota, Rabu kemarin (27/4).

Kebahagian CPNS yang menerima SK pengangkatan berlipatan ganda. Karena tidak hanya menerima SK pengangkatan saja, tetapi mereka juga langsung menerima gaji bulan April yang dibayarkan di bulan Mei.

Itu terjadi, karena Surat Perintah Melaksanakan Tugas Pertama (SPMT) sebagai CPNS terhitung mulai 28 April. Kemudian CPNS langsung masuk kerja sebagai CPNS. Sedangkan tanggal 29 April sampai 8 Mei mendatang libur bersama Idul Fitri. Praktis CPNS setelah menerima SPMT hanya satu hari masuk kerja, namun sudah mendapatkan gaji di bulan Mei mendatang.

“SPMT CPNS mulai 28 April. Sehingga CPNS ini mulai menerima gaji di Bulan Mei,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati di Mataram, kemarin (27/4).

BACA JUGA :  Kebakaran di Ampenan Tewaskan Penghuni Rumah

Nelly menjelaskan, formasi CPNS Kota Mataram tahun 2021 berjumlah 146 formasi. Jumlah tersebut dari 400 usulan formasi yang diusulkan Kota Mataram. Kemudian terjaring 2148 peserta yang mengikuti tahapan seleksi awal.

Selanjutnya dari penggabungan Nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kouta CPNS Kota Mataram terisi 133 formasi. “Ada 13 formasi kita yang lowong. Itu dari tenaga kesehatan,” katanya.

Selanjutnya, dari 133 formasi yang lulus seleksi. Satu formasi dicoret karena karena tidak memenuhi persyaratan adiministrasi. Formasi yang dicoret itu adalah untuk D3 Asisten Apoteker. “Jadi jumlah CPNS yang menerima SK ini 132 orang. Rinciannya 105 orang dari tenaga kesehatan dan 27 orang tenaga teknis,” ungkapnya.

Nelly mengatakan, CPNS selanjutnya sudah mulai bekerja di tempat masing-masing. CPNS diharapkan bisa membantu Kota Mataram semakin maju kedepannya. “Selamat bekerja dan bergabung dengan Pemerintah Kota Mataram,” terangnya.

BACA JUGA :  Lahan Parkir Jadi Tempat Berdagang, Warga Bebidas Protes

Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana mengatakan, CPNS kini sudah mendapatkan kepastian setelah menerima SK pengangkatan. “Selamat kepada anda semua. Ini berkat keringat kerja keras dan doa sehingga bisa menjadi CPNS. Alhamdulillah doa semuanya sekarang diijabah,” katanya.

CPNS diminta untuk tetap menjaga diri. Karena akan selalu diawasi oleh media massa maupun media sosial. Baik sikap dan kinerja dengan terbuka diawasi oleh masyarakat. “Dengan ini kita bisa menjaga performa bekerja baik serta disiplin,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota mengingatkan, abdi negara bekerja berdasarkan sistem. Iklim kerja juga berlaku dengan ketat. Kini CPNS sudah mulai masuk birokrasi. Karena itu, yang paling memberikan dorongan kuat dengan mencintai pekerjaan.

“Cintai pekerjaan anda. Bekerja dengan baik dan tingkatkan kapasitas. Jangan terbelenggu dengan rutinitas. Mari kita bersama-sama memajukan Kota Mataram,” pinta Wali Kota. (gal)