Seribu Hafizd Mengaji Bersama

MATARAM- Semarak pelaksanaa Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasonal ke-26  diramaikan dengan pembacaan  Alqur'an bersama seribu  lebih hafidz di depan kantor Gubernur Rabu kemarin (27/7).

Para hafidz ini dari berbagai pondok pesantren tahfizd di pulau Lombok.Pelaksanaan  ngaji bersama dipimpin langsung gubernur  TGH  Zainul Majdi. Selama kurang lebih 2 jam gubernur  memimpin pembacaan Alqur'an sampai 1 juz pertama. Setelah itu dirinya  menyempatka  untuk menyimak bacaan para peserta mengngaji bersama ini.

Disela-sela kegiatan, Gubernur mengatakan membaca  Alqur'an bersama ini diupayakan sebagai salah satu cara untuk melakukan revoluasi mental bagi generasi muda Indonesia. Baginya untuk  membangun generasi muda yang berkarakter  harus dimulai dengan mendekatkan masyarakat dengan Alqur'an. Sebagaimana dalam negara juga, hal yang pertama yang diajarkan oleh negara dalam sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa."  Karakter bangsa  yang kokoh maka inspirasi utamanya adalah pada ajaran agama," tegas gubernur.

Dikatakan, kalau generasi muda   bangsa Indonesia semakin  paham  dengan agama maka dalam diri masyarakat bangsa Indonesia ini akan terbangun karakter bangsa yang kokoh. Dan akan jauh dari tindakan destruktif dan hal-hal yang bersifat negatif yang tertuju kepada dunia  dan materi. Misalnya kata gubernur, saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada  ancaman teroris dan ancaman narkoba.  Kalau misalnya semua rakyat Indonesa dan generasi muda  memahami agama dan dekat dengan Alqur'an, maka  tidak akan terjadi hal-hal destruktif tersebut seperti teroris dan kejahatan narkoba. Karena kalau pribadi seseorang  dekat dengan keimanan akan kuat, ajakan untuk menjadi  terorisme  dan pengguna narkoba  akan hilang dari diri  manusia. " Kegiatan mengaji ini sangat penting untuk bangsa kita," imbuhnya.

BACA JUGA :  Dikpora Kota Luncurkan ODOJ Goes to School

Ia menambahkan,  target dari kegiatan ini bisa diikuti lebih dari seribuan  hafizd, namun karena persiapan dan waktu yang terbatas hari ini peserta yang terdaftar sebanyak 1.078 orang.

" Jumlahnya sebenarnya lebih banyak,mudahan ini  bisa menunjukan semangat Alqur-an kita," harapnya.

Ia menambahkan,  tidak hanya dengan membaca, kedepannya generasi muda NTB bisa mendalami Alqur'an dan  berusaha untuk memaknai dan memahami Alqur'an dengan baik.

Ketua Pelaksana Kegiatan H.M Zaidi Abdab mengatakan mengaji ini ditargetkan memecahkan rekor MURI. Kegiatan ini dilaksanakan kerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Qori dan Qoriah NTB.(IPQAh NTB ) dalam rangka MTQ dan Muktamar IPQAH Indonesia tahun 2016. (ami)