Senat Bakal Eliminasi 1 Orang Calon Rektor Unram

SENAT : Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unram Lalu Parman saat menandatangani notulen penyampaian visi dan misi calon rektor Unram didampingi oleh Ketua Senat Unram Prof Agil Al Idrus. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK )

MATARAM –  Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unram Lalu Parman mengatakan, penyampaian visi misi dan program kerja merupakan tahapan penting dalam proses pemilihan rektor Unram. Dalam tahapan ini nantinya akan ada calon tereliminasi. Dengan demikian, aka nada tiga calon yang akan lolos ke tahap selanjutnya.

“Alhamdulillah, proses penyampian visi dan misi, serta program kerja empat bakal calon Rektor Unram ini sudah disampaikan di hadapan Senat, baik secara tatap muka maupun daring,” kata Lalu Parman kepada Radar Lombok, Senin (18/10).

Dalam penyampaian visi misi di hadapan Senat Unram tersebut, dihadiri langsung oleh empat calon rektor. Diantaranya, nomor urut 1 adalah Prof Akmaluddin, nomor urut 2 Prof Bambang Hari Kusumo, nomor urut 3 Dr H Djumardin dan nomor urut 4 Prof H Lalu Husni.

Dari materi yang disampaikan para calon dinilai sangat realistis sesuai dengan kondisi Unram pada saat ini. Kemudian bagaimana mengejar ketertinggalan dalam mencapi visi misi Unram tahun 2025. Adapun langkah-langkah strategis yang telah disampaikan oleh para calon rektor tentu dengan konsep masing-masing pada intinya hampir sama.

BACA JUGA :  Lulusan SMK dan Sarjana, Pengangguran Tertinggi

“Kita lihat dari program-program yang ditawarkan semua mengacu kepada rencana strategis Unram dan peraturan yang dikeluarkan oleh Dikti, sehingga nanti dalam pelaksanaannya itu dilihat,” jelasnya.

Dikatakannya, siapapun yang terpilih nanti, visi dan misi yang sudah dicanangkan ini akan dieksekusi dalam program kerja. Untuk diketahui, setelah penyampaian visi dan misi, nantinya menjadi pertimbangan Senat untuk diberikan suaranya. Dari 4 bakal calon ini akan dinilai oleh Senat dan akan ada 1 orang calon yang tereliminasi untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Setelah penyampaian visi dan misi ini nanti tanggal 25 Oktober acara penjaringan 3 besar dari 4 bakal calon, sehingga ada 1 orang yang tereliminasi.

“Penyampian visi dan misi serta program kerja ini menjadi penilaian senat berjumlah 60 orang,” sebutnya.

Berdasarkan jawaban yang disampaikan melalui pertanyaan dalam forum tersebut, bakal menjadi acuan bagi anggota Senat untuk menentukan siapa yang terpilih nantinya. Untuk agenda hari ini, merupakan agenda penyampian visi dan misi serta penilaian, jadi panitia akan melakukan sidang tertutup Senat. Sebanyak 60 orang Senat akan hadir memberikan suara mencari 3 besar.

BACA JUGA :  Unram Mulai Bidik Dosen Muda untuk Pertukaran

Untuk diketahui, sosialisasi, penyampaian visi, misi, dan program kerja bakal calon rektor dilaksanakan pada 28 September 2021 sampai dengan 18 Oktober 2021. Penyaringan bakal calon rektor dan penetapan calon rektor oleh Senat pada 25 Oktober 2021. Pengiriman hasil penyaringan tiga calon rektor ke menteri pada 27 Oktober 2021. Kemudian pengundian nomor urut tiga calon rektor dalam rapat senat tertutup dilaksanakan pada 2 November 2021 sampai dengan 5 November 2021.

Setelah itu, pemilihan calon rektor dalam rapat tertutup senat bersama menteri dijadwalkan pada 3 Januari 2022 sampai dengan 21 Februari 2022. Penyampaian hasil pemilihan calon rektor kepada menteri pada satu sampai tiga hari kerja setelah pemilihan. Penetapan atau pelantikan rektor dijadwalkan pada 7 Maret 2022. (adi)