Seminar Kebangsaan Muktamar Pemikiran NW Hadirkan Tokoh Nasional

Koordinator seminar M Zainul Pahmi pose bersama Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto, dan TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsan.

MATARAM – Dalam rangka memeriahkan dan menyambut Hari Jadi (Hadi) Nahdlatul Wathan ke 70, Panita penyelenggara menggelar seminar kebangsaan Muktamar Pemikiran.

Koordinator seminar M Zainul Pahmi mengatakan Muktamar Pemikiran merupakan gagasan untuk menggali pemikiran para kader-kader NW tentang Nahdlatul Wathan selama 70 tahun berdiri di tengah-tengah masyarakat sebagai ormas keagamaan. Gagasan dari para kader NW ini dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dikumpulkan kepada panitia untuk selanjutnya akan dibahas pada Seminar Kebangsaan Muktamar Pemikiran.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui potensi dan pemikiran kader-kader NW tentang kiprah, dinamika dan segala bentuk hal yang berkaitan dengan NW, ” Kata Fahmi, Minggu (12/3).

Kegiatan seminar ini bertajuk “Eksistensi dan Peran Ormas dalam mendorong partisipasi publik bagi pembangunan berkelanjutan pasca dua dekade Reformasi”.

Baca Juga :  Tutup Muktamar, TGB Luncurkan Buku Tentang Covid-19

Selain untuk menggali pemikiran kader, seminar ini juga menjadi implementasi dari semangat kebangsaan yang diwasiatkan pendiri NW Almaghfurullah Maulanasyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid yang termaktub dalam Buku Wasiat Renungan Masa yang berbunyi  : “Hidupkan Iman Hidupkan taqwa, Agar hidup jiwa dan raga, Cinta teguh pada agama, Cinta kokoh pada negara”.

“Kegiatan ini juga untuk menginternalisasikan semangat beragama, berbangsa dan bernegara sesuai tuntunan yang diajarkan Almaghfurullah Maulanasyaikh,” tambahnya.

Selama 70 tahun berdiri, Nahdlatul Wathan terus berkiprah membangun sendi-sendi moral masyarakat dan selalu selaras dengan setiap kebijakan pemerintah. Hal ini membuktikan bahwa Nahdlatul Wathan selama 70 berdiri telah ikut andil dalam semua aspek kehidupan masyarakat baik dalam hal beragama maupun berbangsa.

Seminar kebangsaan tersebut akan diisi oleh beberapa narasumber Cendikiawan Nahdlatul Wathan, diantaranya HL Muhyi Abidin, Sekjen Pengurus Besar NW Prof H Fahrurrozi Dahlan dan HM Mugni.

Baca Juga :  Pengukuhan PB NWDI Dipusatkan di Masjid Nurul Bilad Mandalika

Selain nara sumber cendikiawan NW, seminar juga akan diisi oleh beberapa tokoh nasional, yakni Prof Yusril Ihza Mahendra, salah seorang pakar hukum dan ketata negaraan, Menteri Perdagangan RI H Zulkifli Hasan, dan Menteri PMK RI Prof Muhajir Efendi dan salah satu guru besar Kolej University Perguruan Ugama Seri Begawan Brunei Darussalam Prof Harapandi Dahri.

Melalui seminar tersebut, NW ingin menguatkan partisipasi publik dalam pembangunan, melalui pemetaan konsep dan pemikiran para pakar dari organisasi, nasional dan internasional. Seminar kebangsaan tersebut akan dilaksanakan pada Kamis 16 Maret 2023 di Ballroom Hotel Aston Inn Mataram. (luk)

Komentar Anda