Satgas PPKS Surati Semua Fakultas di Unram Pasang CCTV

MATARAM – Tim Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Mataram menyurati semua Fakultas yang ada di Unram untuk memasang CCTV di setiap ruang dosen. Hal ini, dilakukan sebagai langkah antisipasi atas maraknya kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kampus.

“Kita sudah merekomendasikan kepada Rektor Unram supaya memasang CCTV disetiap ruang dosen,” kata Ketua Satgas PPKS Unram Joko Jumadi kepada Radar Lombok, Selasa (25/6).

Dikatakan Joko, bahwa, pihaknya juga meminta secara khusus untuk memberikan surat kepada semua fakultas memasang CCTV. Setelah disurati semua Fakultas nanti pada Juli akan dicek langsung keberadaan pemasangan CCTV tersebut.

“InsyaAllah, Juli akan kami audit soal ruang dosen dan CCTV,” terangnya.

Baca Juga :  Sekolah Dilarang Adakan Pelesir Saat Perpisahan Siswa

Ditanya jika nantinya ada fakultas tidak mematuhi rekomendasi Satgas PPKS apa langkah yang diambil?, Joko menegaskan akan langsung dilaporkan kepada Rektor Unram.

“Kalau tidak dihiraukan tentu kami akan laporkan kepada Rektor, karena penganggaran ada di tangan rektor,” tegasnya.

Menurutnya, upaya yang dilakukan ini untuk meminimalisir perbuatan yang merusak nama lembaga pendidikan. Sebab jika ada CCTV, maka perbuatan yang tercela bisa diantisipasi. Selain itu, meminimalisir perbuatan tercela tersebut, fungsi dari CCTV ini juga untuk memberikan rasa kenyamanan dan keamanan, serta untuk memantau aktivitas di sekitar kampus secara lebih efektif.

Menurutnya, ini merupakan langkah proaktif yang diambil untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan di lingkungan kampus. Ia berharap dengan adanya sistem ini, dapat lebih cepat mendeteksi dan merespon potensi risiko keamanan, serta memberikan rasa aman kepada semua orang yang berada di dalam area kampus.

Baca Juga :  Dua PTS Belum Selesaikan Pengembalian Dana Bidikmisi Mahasiswa

Sistem CCTV yang baru ini, dilengkapi dengan teknologi kemampuan perekaman tinggi, dan integrasi dengan sistem keamanan lainnya. Hal ini memungkinkan petugas keamanan untuk memantau aktivitas secara real-time dan merespon dengan cepat terhadap situasi darurat atau kejadian yang mencurigakan.

Langkah ini juga diambil sebagai respons terhadap perkembangan teknologi keamanan global dan tren industri yang semakin menekankan pentingnya keamanan di lingkungan kampus.

“Diharapkan dengan pemasangan CCTV ini akan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman, serta memberikan dampak positif terhadap aktifitas warga kampus,” tutupnya. (adi)

Komentar Anda