RSUD KLU Raih Juara I Pelayanan KB Tingkat Provinsi

RSUD KLU
JUARA : Bupati KLU TGH Najmul Akhyar memberikan selamat kepada Dirut RSUD KLU, dr. H. Lalu Bahrudin atas raihan RSUD KLU sebagai Juara I Pelayanan KB Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – RSUD Kabupaten Lombok Utara (KLU) berhasil meraih Juara I Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018. Atas prestasi itu, RSUD KLU pun langsung ditunjuk untuk mewakili Provinsi NTB ke penilaian tingkat nasional.

“Kita baru pertama kali ikut langsung mendapatkan Juara I Tingkat Provinsi, dan mendapatkan kesempatan diutus menjadi perwakilan NTB ke tingkat nasional,” ungkap Dirut RSUD KLU, dr. H. Lalu Bahrudin kepada Radar Lombok usai menerima penghargaan pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Umum Tioq Tata Tunaq, Rabu (2/5).

Penilaian ini dilaksanakan tim Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTB. BKKBN terjun langsung menilai ke RSUD KLU sejak April. Ada beberapa item penilaian, di antaranya pascapersalinan KB, sasaran KB, kepesertaan KB, profil RSUD, manajemen administrasi, dan kesiapan dalam melaksanakan pelayanan KB. “Kami berkompetisi dengan RSUD Kabupaten/Kota se-NTB baik pemerintah maupun swasta,” terangnya.

RSUD KLU sendiri kata Bahrudin melaksanakan program pelayanan KB di dalam dan luar kantor. Untuk pelayanan di dalam, pihaknya mengajak keluarga ibu melahirkan untuk mengikuti program KB. Kemudian ketika melaksanakan pelayanan KB di luar kantor, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat (DP2KBPMD) KLU. “Yang menjadi penekanan penilaian pada administrasi dan pelayanan KB di dalam gedung RSUD,” jelasnya.