PPDB Sekolah Pinggiran Mataram Sepi Pendaftar

“Peminat SMKN 5 Mataram tahun ini cukup parah. Lantaran dua jalur yang sudah dibuka masih sepi pendaftar,” terang Ketua Panitia PPDB SMKN 5 Mataram, Baiq Wirdianti

Wiridanti menyebut bahwa dalam dua jalur PPDB yang sudah selesai dilaksanakan, salah satunya adalah jalur prestasi  dengan kuota 10 persen atau 38 siswa dari total jumlah siswa yang diterima melalui tiga jalur sebanyak 360 siswa. Namun peminatnya hanya dua orang siswa saja, yang terdiri dari prestasi non akademik semua.  Sementara itu, PPDB melalui jalur prasejahtera cukup lumayan jumlah pendaftar.

Minimnya jumlah pendaftar tidak hanya dialami SMA dan SMK negeri yang berada di pinggiran Kota Mataram, tapi juga dirasakan langsung sejumlah SMA dan SMK swasta yang ada di tengah kota. Seperti di SMA NW Mataram, SMK Muhammadiyah Mataram dan SMA Muhammdiyah Mataram. Padahal, dalam pelaksanaan PPDB untuk sekolah swasta ini tidak menerapkan sistem zonasi, tapi pendaftarnya masih tetap sepi.

“Yang mendaftar sudah ada, tetapi tidak banyak. Kami menunggu jalur umum di seklolahan negeri selesai,” kata Kepala SMA NW Mataram, Martini.

BACA JUGA :  Dikbud NTB Rubah Sistem PPDB Tahun Ini