Polres Khusus Mandalika Segera Terealisasi

Irjen Pol Mohammad Iqbal (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pembentukan Polres Khusus Mandalika telah diajukan ke Mabes Polri. Tinggal menunggu realisasinya. “Usulan kami untuk Mabes Polri segera merealisasikan Polres Kawasan Super Prioritas Mandalika. Sebab Mandalika kan luar biasa. WSBK saja membutuhkan pengamanan khusus,” ujar Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal saat dikonfirmasi kemarin (1/12).

Mantan Kadiv Humas Polri ini mengakui bahwa pasca-usulan tersebut, tim dari Mabes Polri sudah turun untuk mengecek Kawasan Mandalika. “Kita akan berkomunikasi secara intens, saling memberi masukan. Saya yakin akan sesegera  mungkin. Terlebih MotoGP sebentar lagi,” ujarnya.

BACA JUGA :  APH Diminta Usut Proyek Eceng Gondok Bendungan Batujai

Iqbal memprediksi bahwa ke depan Kawasan Mandalika akan terus ada kegiatan-kegiatan berskala internasional. Sehingga perlu adanya pengamanan khusus. Terkait kapan akan terealisasi, Iqbal belum dapat memastikan. Namun mengingat pembentukan Polres Mandalika ini sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak, maka ia optimis segera tercapai. “Bisa jadi sebelum MotoGP. Kita tidak tahu,” ucapnya.

BACA JUGA :  Suami Pulang Minum, Istri Gantung Diri

Adapun konsep yang telah  diajukan untuk Polres Mandalika  yakni Polres yang khusus untuk menjaga keamanan dan ketertiban  masyarakat (Kamtibmas) di seputar KEK Mandalika. Polres ini nantinya tidak dibebankan melakukan penyelidikan dan penyidikan. (der)