Polisi Gerebek Sarang Miras di Lenek

Polisi Gerebek Sarang Miras di Lenek
RAZIA MIRAS: Kapolsek Aikmel, Iptu I Made Sutama, memimpin langsung razia penyakit masyarakat (Pekat), dan berhasil mengamankan barang bukti Miras di salah satu rumah warga di Desa Lenek, Sabtu (15/12).( POLSEK AIKMEL FOR RADAR LOMBOK)

SELONG—Polsek Aikmel melakukan operasi cipta kondisi yang menyasar sarang penjualan minuman keras (Miras) tradisonal di Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Sabtu (15/12). Dalam operasi ini, petugas mendatangi sejumlah titik yang menjadi sarang penjualan Miras.

Salah satu lokasi yang didatangi, yaitu Desa Lenek Remban Biak. Di lokasi ini, petugas mendatangi rumah warga bernama Inaq Saadah, yang diketahui sudah sejak lama menjalani bisnis Miras. Petugas pun berhasil mengamankan dan menyita barang bukti Miras puluhan liter jenis brem.

“Operasi cipta kondisi yang kita gelar ini sebagai salah satu kegiatan awal jelang akan dimulainya Operasi Lilin 2019,” kata Kapolsek Aikmel, Iptu I Made Sutama.

Untuk memberikan efek jera, dalam operasi ini selain menyita barang bukti. Maka sesuai ketentuan yang berlaku, pihaknya juga memproses pelaku sesuai dengan ketentuan. Setelah mengamankan barang bukti, petugas juga melakukan interogasi terhadap yang bersangkutan (penjual Miras). “Jadi operasi yang kita lakukan bukan hanya mengamankan barang bukti saja. Tapi juga ada penindakan hukum,” terang dia.

Sementara barang bukti yang diamankan dari rumah Inaq Saadah ada sebanyak 20  liter Miras, yang dikemas dalam kantong plastik. Pemilik pun tak bisa mengelak, karena sadar kalau apa yang dilakukan telah melanggar kemamanan dan ketertiban masyarakat (Kantimbas), terutama menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun. “Semua barang bukti itu langsung diamankan oleh anggota untuk dibawa ke Polsek,” terang dia.

Operasi cipta kondisi terangnya, merupakan bagian untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru. Setelah itu akan dilanjutkan dengan Operasi Lilin. Dimana sesuai perintah pimpinan, setiap Polsek diharuskan untuk mengajaga Kantimbas, menyambut hari-hari besar. Sehingga dilakukan peningkatan patroli dan razia, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diiginkan. Baik itu kejahatan, terror, termasuk Miras.

“Kita juga berharap kerjasama yang baik dari masyarakat, supaya menjaga Kamtimbas di wilayah masing-masing. Ketika ada hal yang menggangu keamanan dan kenyamanan masyarakat, agar segera melapor,” pesannya.

Hal sama sebelumnya juga dikatakan Kapolres Lotim, AKBP Ida Bagus Made Winarta, bahwa jelang Natal dan  tahun baru, pihaknya meningkatkan aktifitas pengamanan baik itu melalui razia dan operasi. Bahkan jauh hari sebelumnya, jajaran Polres Lotim juga gencar mengungkap berbagai sejumlah kasus. “Untuk sementara ini kondisi wilayah hukum Polres Lotim masih aman dan kondusif,” sebut Winarta.

Khusus untuk pergantian malam tahun baru, Kapolres juga mengingatkan masyarakat supaya tidak disambut dengan hura-hura dan euforia secara berlebihan, yang bisa menimbulkan ancaman kegaduhan di tengah masyarakat. “Sebaiknya pergantian malam tahun baru disambut dengan kegiatan positif dan ibadah,” imbaunya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid