Polda Siagakan 3024 Personel

MATARAM—Ratusan aparat gabungan dari Polri, TNI dan instansi terkait mengikuti apel gelar pasukan di lapangan Gajah Mada Mapolda NTB,Kamis kemarin (30/6).

Apel gelar pasukan ini merupakan bagian dari persiapan operasi Ramadania Gatarin 2016. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono dan dihadiri  Wakil Gubernur NTB, Komandan Korem (Danrem) 169/WB, Danlanal, Danlanud, perwakilan Jasa Rahrja dan lain sebagainya. 

Dalam sambutannya, Kapolda mengatakan operasi ini dilaksanakan selama 16 hari,mulai dari tanggal 30 Juni sampai dengan 15 Juli 2016. ‘’ melalui kegiatan ini diharapkan  rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergis bersama seluruh Stakeholders terkait. Sehingga masyarakat dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, tertib dan penuh khitmad,’’ ujarnya.

Dalam operasi Ramadnia Gatarin 2016 ini akan menurunkan kekuatan sebanyak 3024 personel. Jumlah tersebut berasal Polda NTB dan jajaran serta instansi terkait lainnya. Seluruh kekuatan tersebut akan melaksanakan pengamanan antara lain di tempat peribadatan umat muslim, lokasi sholat Ied, pemukiman masyarakat, jalur-jalur pergerakan orang dan barang, tempat wisata, terminal, stasiun, pelabuhan laut, bandara, sebtra perekonomian dan tempat transaksi keuangan, rest area, SPBU serta kegiatan masyarakat lainnya yang perlu diamankan. ‘’ Dengan pengamanan langsung terhadap lokasi tersebut. Masyarakat dapat merayakan hari raya Idul Fitri 1437 H dengan nyaman dan tertib dalam situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,’’ ungkapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB H Muhammad Aminm mengatakan  sangat mengapresiasi kesiapan yang ditunjukkan khususnya oleh Polda NTB dan jajarannya dalam mempersiapkan pengamanan perayaan Idul Fitri 1437 H. Walaupun kegiatan tersebut dilakukan secara rutin tiap tahun namun kepolisian disebutnya tentu mempnyai data terkait dengan kondisi yang ada di lapangan. ‘’ Seluruh prasarana yang ditunjukkan ini saya kira sudah lebih dari cukup dan kepolisian sudah siap untuk melakukan pengamanan perayaan lebaran tahun ini,’’ katanya.(gal)