Pilkada Lotim, Ribuan Kertas Suara Ditemukan Rusak

kertas suara
PELIPATAN : Petugas KPU Lotim saat melakukan pelipatan kertas suara Pilkada Lotim belum lama ini.

SELONG –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur menemukan sebanyak 6. 112 lembar surat suara pemilihan Bupati Lombok Timur yang rusak. Kerusakan itu diketahui setelah dilakukan sortir dan pelipatan beberapa hari lalu. Tidak hanya rusak, surat surat juga tidak sesuai dengan jumlah yang telah dipesan. Yang dipesan 900.124 lembar, namun yang datang 898. 124 lembar.

”Surat suara kondisinya baik yang telah dilipat sebanyak 891.074 lembar. Sementara surat suara dalam kondisi rusak ada 6.112 lembar. Jumlah yang telah kita pesan 900.124 lembar, tapi kiriman dari perusahaan percetakan kurang,” kata Ketua KPUD Lotim Muhammad Saleh kemarin.

Dijelaskan, jika dihitung dengan jumlah surat suara yang rusak dengan  kekurangan yang dikirim oleh pihak perusahaan, maka jumlah secara kesuluruhan kekurangan surat suara yaitu sekitar 7.050 lembar. Pihaknya langung bertindak menyikapi jumlah kekurangan itu dengan kembali melayangkan pemberitahuan ke pihak perusahaan percetakan. 

Perusahaan diminta supaya segera mencetak kembali surat suara sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan untuk pemilihan Bupati Lotim.”Sebagian besar kertas suara yang rusak itu disebabkan karena bercak tinta. Sebagian lagi rusak karena sobek, bolong, dan kusut . Sejumlah surat suara yang rusak itu, nantinya kita akan musnahkan,” ungkapnya.