Petani Lobar Terima Bantuan Alsintan

BANTUAN : Kepala Dinas Pertanian Lobar, H. Lalu Winengan, saat menyerahkan bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian RI ke petani. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Kementerian Pertanian RI melalui Dinas  Pertanian Lombok Barat menyalurkan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Bantuan diserahkan oleh kepala Dinas Pertanian Lobar, H. Lalu Winengan di kantor Dinas Pertanian Lobar belum lama ini.  Winengan mengatakan, bantuan yang diberikan  berupa combine hasvester atau mesin pemanen kombinasi besar. “ Hari ini kita menyerahkan bantuan Alsintan dari Kementerian kepada para petani,” kata Winengan.

Baca Juga :  Tiga Perempuan Meninggal Tenggelam di Bendungan Mareje Lombok Barat

Bantuan yang diberikan ini adalah bantuan yang sudah dijanjikan oleh Kementan pada saat datang ke Lobar beberapa waktu lalu. “Bantuan  ini adalah merupakan janji Wakil Menteri Pertanian pada saat melakukan kunjungan kerja ke Lombok Barat beberapa waktu lalu, yakni pada saat kedatangan Pak Wapres,” tambahnya.

Pada saat saat itu, Wamen menjanjikan bantuan mesin. Sedangkan beberapa alat lainnya yang sudah dijanjikan sudah datang dan sudah disalurkan ke petani. Jenis bantuan yang lainnya seperti traktor sebanyak dua  unit. “Ada juga bantuan berupa traktor itu sudah datang, dan sudah kita salurkan,” tambah Winengan.

Baca Juga :  Jembatan Retak, Desa Kekait dan Sekitarnya Terancam Terisolir

Petani diminta merawat alat-alat yang telah diterima tersebut sehingga bisa dipergunakan dalam waktu yang lama dengan harapan bisa dioptimalkan untuk membantu meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Winengan menambahkan, secara keseluruhan bantuan alat dan mesin pertanian yang diserahkan ke petani ini dananya bersumber dari APBN 2022.(ami)

Komentar Anda