Peserta PTP Dilarang Saling Sontek

UJI KOMPETENSI: Puluhan peserta pimpinan tinggi pratama (PTP) di lingkungan Pemkab Lombok Tengah mengikuti tes seleksi terbuka, kemarin (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (PTP) di lingkungan Pemkab Lombok Tengah, dimulai sejak Selasa  kemarin (28/2).

Uji kompetensi ini dilaksanakan di Hotel D’Praya Penujak Kecamatan Praya Barat. Pantauan Radar Lombok, ratusan peserta PTP sudah antre memadati halaman hotel pukul 08.00 Wita. Untuk hari kemarin, peserta dijadwalkan akan mengikuti tes kompetensi manajerial sampai tanggal 2 Maret besok. Kemudian diikuti penulisan makalah pada tanggal 4 Maret dan selanjutnya tanggal 6 Maret dilakukan presentasi dan wawancara.

Dalam uji kompetensi ini, panitia seleksi (pansel) membagi peserta PTP ini menjadi lima paket. Paket pertama diikuti calon Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Banpeda). Paket pertama ini mulai tes sejak pukul 08.00 Wita pukul 12.00 Wita.

Kemudian dari pukul 14.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita diikuti paket dua. Terdiri dari calon Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Dinas Sosial (Disos), Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

[postingan number=3 tag=”loteng”]

Selanjutnya untuk paket tiga akan mengikuti tes pagi hari ini Rabu (1/3). Paket ini diikuti calon Sekretaris DPRD, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri), dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Paket empat diikuti calon Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disparsip), dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Dinas Kesehatan (Dikes), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans).

Kemudian terakhir paket lima diikuti calon Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan.

Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri langsung memantau para peserta hari pertama uji kompetensi kemarin. Pathul berpesan kepada semua peserta agar tetap konsentrasi dan serius mengikuti ujian tersebut. Sebab, hasil tes ini akan menentukan jabatan para peserta ini nantinya. ‘’Siapa pun yang memperoleh nilai tertinggi sesuai hasil pansel, maka itulah yang akan diangkat sebagai kepala di bidang yang mereka pilih,’’ pesan Pathul.

Politisi Partai Gerindra ini mengaku, ketentuan kepala dinas dalam lelang jabatan ini bukan tergantung bupati atau pun wakil bupati. Semua bergantung pada kemampuan masing-masing yang dikeluarkan pansel nantinya. “Jadi tes ini sebagai salah satu jawaban dari adanya isu, kalau nama-nama pejabat sudah ditentukan sebelumnya. Jadi saya harapkan bagi semua peserta jika menginginkan nilai yang baik, maka silakan dijawab dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Pathul juga berpesan agar peserta tidak saling sontek. Semua peserta harus menjawab berdasarkan hati nuraninya. Sehingga jawaban yang dianggap benar atau salah murni datang dari diri mereka sendiri, bukan atas prakarsa orang lain. ‘’Sekali lagi saya berpesan agar semua peserta tidak saling menyontek jawaban teman atau peserta lainnya,’’ tutupnya.

Sementara itu salah seorang peserta Kepala BPKAD Baiq Sri Damayanti Wiradarma mengaku, tes pertama ini adalah tes psikologi. Misalnya saja, mengambil keputusan mana lebih baik dari diri sendiri atau minta pendapat bawahan. Selanjutnya bagaimana cara menghargai bawahan jika melaksanakan tugas dan yang lainnya. “Yang jelas pada intinya dalam tes psikologi ini hanya sebatas tes kepribadian, terutama dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” terangnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid