PENGARUH SIKAP PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN PESERTA DIDIK

Oleh : Rini Safira Dewi dan Putri Cantika Canda Nandiva
Mahasiswi Pendidikan Guru MI, Fakultas Agama Islam UMMAT

Seperti yang kita lihat di dalam pendidikan di Indonesia, permasalahan pokok yang berkaitan dengan profesionalisme guru cukup banyak dan belum bisa diatasi dengan baik. D iantara permasalahan tersebut ialah rendahnya kompetensi guru, kurangnya motivasi seorang guru untuk berusaha dalam mengembangkan mutu diri sendiri, juga persebaran guru yang tidak merata sampai ke pelosok-pelosok desa yang ada di Indonesia, serta rendahnya kesadaran dan semangat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada peserta didik. Sehingga guru dianggap membosankan, serta peserta didik kurang dalam menerima pengetahuan dan akan mudah jenuh dengan pembelajaran. Oleh sebab itu, penting bagi seorang guru untuk memiliki sikap profesionalisme dalam profesinya.

Baca Juga :  Dosen UMMAT Latih Warga Ampenan Selatan Wirausaha

Sikap profesionalisme guru adalah sikap seorang guru yang dapat kita lihat dalam menjalankan pekerjaannya yang meliputi keahlian atau skill, kemahiran dalam mendidik, serta kecakapan dalam melakukan tugasnya dengan baik, dikarenakan hal ini dapat memenuhi standar mutu atau norma tertentu dalam profesinya.

Menurut para ahli, profesionalisme menekankan kepada penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya. Master juga mengemukakan bahwa profesionalisme bukan sekedar pengetahuan teknologi dan manajemen tetapi lebih merupakan sikap, pengembangan profesionalisme lebih dari seorang teknisi bukan hanya memiliki keterampilan yang tinggi tetapi memiliki suatu tingkah laku yang dipersyaratkan.

Baca Juga :  UNW Mataram, UIM dan UMMAT Sepakat Kolaborasi Wujudkan MBKM

Jadi, bisa kita lihat bahwa sikap profesionalisme guru lebih menekankan pada kebutuhan pendidikan peserta didik.
Kebutuhan peserta didik yang dimaksud disini adalah tidak hanya mengutamakan pengetahuan atau perkembangan intelektual saja, akan tetapi juga harus memperhatikan perkembangan Pribadi seluruh peserta didik, baik secara jasmani, rohani, sosial, maupun spiritual dan emosionalnya sesuai dengan hakekat pendidikan.

Apabila seorang guru sebagai pendidik memiliki sikap profesionalisme yang baik akan berpengaruh terhadap masa depan peserta didik. Peserta didik yang di bimbing oleh guru yang mempunyai sikap profesionalisme akan tumbuh menjadi manusia yang bukan hanya cerdas tetapi berbudi pekerti baik serta meiliki sikap yang mulia. (*)