Pembentukan Polres Mandalika Segera Diajukan ke Mabes

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Pembentukan Polres Mandalika di kawasan ekonomi khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah segera terwujud.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat intruksi dari Kabaharkam Polri. “Kemarin Pak Kabaharkam ke sini dan langsung memberikan PR kepada kami untuk mengajukan konsep Kawasan Polres Mandalika,” kata Ikbal, Jumat (3/9).

Untuk itu saat ini pihaknya tengah merampungkan konsep Polres Mandalika. Dalam waktu dekat ini pihaknya bakal mengirimkan proposal pengajuannya ke Mabes Polri. “Saya yakin minggu depan kasarnya sudah jadi. Kita haluskan lagi. Dua minggu lagi kita ekspose ke Mabes Polri. Kita optimis Mabes Polri merestui karena ini untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA :  5 Ribu Pekerja Tak Lolos Verifikasi Subsidi Gaji

Adapun konsep yang diajukan yakni Polres yang khusus untuk menjaga keamanan dan ketertiban  masyarakat (Kamtibmas) di seputar KEK Mandalika. “Polres tersebut tidak dibebankan proses penyelidikan dan penyidikan. Khusus untuk pemeliharaan Kamtibmas saja,” ujarnya.

Adanya Polres Mandalika ini nantinya kata Ikbal untuk kepentingan jangka panjang. Sebab selain adanya world superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika November 2022 dan  MotoGP 2022, nanti masih banyak agenda di KEK Mandalika. “Kelas dunia semua nanti,” bebernya.

BACA JUGA :  Enam Kapolres di NTB Dimutasi

Untuk itu dari segi pengamanannya kata Ikbal harus terjamin. Untuk Polres Lombok Tengah juga segera dinaikkan tipenya menjadi tipe B. Kapolresnya yang semula dijabat perwira berpangkat AKBP maka akan berganti menjadi Kombes. “Kemudian personelnya dipertebal dan sarana dan prasarana diperbaiki,” bebernya. (der)