Peluang Bisnis Rumput Hias Semakin Menjanjikan

rumput hias
Anto penjual rumput hias di wilayah Sayang-Sayang, Cakranegara (DEVI HANDAYANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Bisnis menjual tanaman hias khususnya rumput,  kini tengah diminati masyarakat. Budidaya rumput hias memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Daya tarik keindahan yang dimiliki rumput membuat peminatnya tak pernah sepi.

Salah satunya Anto penjual rumput hias di wilayah Sayang-Sayang, Cakranegara yang mampu meraup keuntungan cukup lumayan. Usaha ini digelutinya secara turun temurun dari kedua orang tuanya. Anto menjual beberapa jenis rumput hias, mulai dari rumput gajah mini jenis varigata dan rumput jepang.

BACA JUGA: Kegigihan Awidi Memasarkan Kerajinan Ketak Hingga Tembus Pasar Luar Negeri

“kalau analisa usahanya untungnya tidak terlalu banyak, tapi lumayanlah dari modal awal. Paling murah dijual Rp25 ribu/meter persegi,”  tutur Anto, Rabu kemarin (1/8).

Anto mengaku, membudidayakan rumput hias cukup mudah dan tidak perlu repot merawatnya. Berbisnis tanaman ibarat lantai alam yang menghijau seluas mata memandang. Rumput bisa dijadikan lantai dasar halaman depan rumah, yang boleh diinjak siapa saja. Selain itu perawatan rumput hias tidak susah. Asalkan diberi pupuk, disiram dan kena sinar matahari, rumput sudah tumbuh sendirinya.

Untuk pasaran rumput hias ini cukup mudah karena banyak pesanan dari beberapa hotel dan perumahan yang ingin menghias halaman rumahnya. Bahkan juga mengirim sampai ke Sumbawa untuk rumput hias.

Anto mengaku dalam memasarkan rumput hiasnya tidak hanya diam di satu tempat menunggu pembeli datang, tapi juga memasarkan melalui sosial media. Bahkan, menerima pesanan yang ingin langsung ditanamanka rumput hias di rumah pelanggannya.

BACA JUGA: Melihat Kreativitas Mahasiswa Membuat Sepatu Handmade

Anto telah mengeluti bisnis jual rumput hias sejak 30 tahun silam dengan memiliki luas tanah tempat budidaya rumput hias sebanyak 4 are. Anto tak hanya menjual rumput hias saja, melainkan ada berapa bunga hias dengan berbagai macam.

“ Selain menjual rumput hias, saya juga bisnis bunga hias yang penjualannya melalui media sosial,” tutupnya. (cr-dev)