Melihat Kreativitas Mahasiswa Membuat Sepatu Handmade

Modal Awal Urunan, Karyanya Kerap Jadi Juara

Melihat Kreativitas Mahasiswa Membuat Sepatu Handmade
Melihat Kreativitas Mahasiswa Membuat Sepatu Handmade

M Firdaus merupakan ketua dari bisnis pembuatan sepatu handmade yang memiliki jiwa bisnis muda bersama dengan tiga orang temannya yang juga masih sama-sama duduk di bangku perkuliahan.


*HISNAINI – MATARAM*


SEPATU sneakers yang dikenal kalangan anak muda dan tua pun sekarang sudah tidak asing lagi untuk didengarkan. Sepatu sneakers termasuk suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit yang difungsikan untuk melindungi kaki dari kotoran berupa debu, krikil, atau bahkan lumpur.

Pengelompokkan sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsi atau tipenya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansa, sepatu olahraga, sepatu kerja, sepatu ortopedik dan sepatu minimalis. Koleksi sepatu pria dan wanita dengan bermacam-macam fungsi kegunaannya. Satuan untuk ukuran sepatu mengikuti beberapa standar dan berbeda di bagian-bagian dunia. Pengukuran ukuran sepatu seseorang biasanya dilakukan dengan menggunakan peranti Brannock.

Usaha berjualan sepatu sangat mudah kita jumpai di pinggir jalan, gerai toko maupun secara keliling jalan kaki. Mengapa banyak orang yang memilih bisnis sepatu? Hal ini karena alas kaki tersebut merupakan kebutuhan utama manusia. Di mana manusia memerlukan sepatu untuk beraktivitas sehari-hari seperti untuk kegiatan olahraga, jalan-jalan, rekreasi, bepergian hingga pergi ke kantor. Pendek kata, kebutuhan akan sepatu bagi manusia sebagai nomor satu layaknya makan. Oleh karenanya, setiap tahun sekali minimal mereka membeli sepatu.