PLN Amankan Suplai Listrik Festival Rimpu Mantika di Kota Bima

FESTIVAL RIMPU: Pemkot Bima menggelar Festival Rimpu Mantika, yang dibuka oleh Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno, di lapangan depan Istana Kesultanan Bima, Jumat (26/4).

KOTA BIMA–Festival Rimpu Mantika yang diselenggarakan di Kota Bima, pada hari Sabtu, 27 April 2024, sarat akan nilai-nilai kearifan lokal. Menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara Tahun 2024, Festival Rimpu Mantika tidak hanya menampilkan kekayaan dan keindahan budaya Bima semata, tetapi juga mampu menggerakan perputaran sektor ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, di lapangan depan Istana Kesultanan Bima, Jumat malam (26/4), PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB melalui PLN UP3 Bima juga turut bersiaga agar gelaran Festival berjalan dengan lancar.

Rimpu merupakan salah satu pakaian tradisional masyarakat Bima untuk menutup aurat wanita. Pada Festival Rimpu Mantika, General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, menyebutkan telah mensiagakan petugas yang tersebar di beberapa lokasi.

“PLN telah menyiapkan 21 Personil, 1 unit UGB 250 KVA, 1 unit UPS 100 KVA dan 3 unit genset 7,7 KVA untuk mengamankan gelaran Festival ini. Kami berkomitmen melayani pelanggan untuk tetap bisa menikmati listrik apapun kegiatannya,” ujar Sudjarwo.

Baca Juga :  Satu Tahun, Pelanggan PLN NTB Tumbuh 16 Persen

Menanggapi upaya PLN, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, H.Mohammad Rum, mengucapkan terima kasih dan kegembiraannya, karena kegiatan berjalan aman dan lancar.

“Alhamdulillah, terimakasih PLN telah membantu acara Festival Rimpu Mantika ini, sehingga bisa berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini, Kota Bima akan lebih maju lagi karena akan banyak orang-orang yang akan mengunjungi Kota Bima. Semangat untuk yang bertugas dilapangan, tetap bersemangat dan berjuang untuk Kota Bima,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno juga turut memberikan apresiasi.

“Luar biasa, termasuk dalam Kesultanan Bima ini, kita memberikan apresiasi kepada PLN dan semoga PLN tetap menerangi negeri dengan kontribusi-kontribusi yang membawa kemajuan NKRI,” ujarnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Berpesan ke PLN, Wujudkan Ketahanan Energi hingga Menerangi Pelosok Negeri

Sandiaga mengungkapkan keberadaan listrik bisa dikolaborasikan dengan pengembangan kearifan lokal. “Banyak sekali kearifan lokal seperti baju-baju ini (tenun) dengan listrik yang lebih baik tentunya juga akan ada peningkatan produktifitas,” sambungnya.

Tak lupa, Sandiaga memberikan dorongan semangat kepada PLN. “Semangat untuk temen-temen PLN yang siaga dan selalu memberikan kontribusi terbaik buat negeri. Hidup PLN dan BUMN,” puji Sandiaga.

Tidak hanya mengamankan kelistrikan Festival Rimpu Mantika, PLN juga turut meramaikan pameran produk UMKM.

“Pada event ini, PLN juga mengenalkan produk Keripik Pisang Lengge dari Desa Sambori. Ini merupakan hasil produk Desa Cahaya Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN NTB. Desa Cahaya itu sendiri merupakan Desa Binaan PLN NTB yang bertujuan untuk membangkitkan pemberdayaan masyarakat kecil sehingga bisa berdikari dan mengangkat ekonomi warga,” tutup Sudjarwo. (rl)

Komentar Anda