Melihat Keindahan Bukit Nanggi Desa Sembalun

Bukit Nanggi Desa Sembalun
INDAH: Inilah pemandangan dari bukit Nanggi, Sembalun. Pada pagi hari, pandangan dari puncak bukit akan tertutup awan. Bukit ini kian ramai dikunjungi baik warga lokal maupun wisatawan asing. (M.Haeruddin/Radar Lombok)

Sembalun menyimpan  banyak pesona.  Deretan bukit- bukit yang menjulang  begitu indah.  Salah satunya di bukit Nanggi.


M Haeruddin– Selong 


Suhu  dingin sangat terasa di bukit itu. Untuk bisa mencapai puncak yang di sebut bukit Nanggi tersebut, wisatawan membutuhkan waktu 7 jam  dari dataran rendah Desa Sembalun.

Namun tidak mudah untuk  mencapai puncak bukit ini. Jalanan yang berliku dan  terjal, tidak kalah dengan jalur pendakian untuk mencapai gunung Rinjani. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa jalan menuju bukit Nanggi lebih sulit dibanding menuju gunung Rinjani. Namun jalan yang begitu melelahkan dan menantang tersebut akan terobati dengan keindahan alamnya. Dari  puncak  bukit, nampak pemandangan Desa Sembalun.

[postingan number=5 tag=”wisata”]

Tidak sedikit yang menyebut tempat ini negeri di atas awan. Pengunjung serasa berjalan di atas awan. Gumpalan awan menyelimuti bukit ini. Bahkan pada pagi hari puncak bukit ini, lebih tinggi dari awan. ”Bukit Nanggi bagaikan surga dunia yang tidak akan pernah tertandingi dengan bukit lainya bahkan gunung sekalipun,”ujar   Agasta Fratama salah seorang  pengunjung. Dia sudah berkali-kali mengunjungi tempat itu.  Bahkan dalam kurun waktu satu bulan ia bisa empat kali ketempat itu.

Ia menceritakan  bukit tersebut masih begitu alami  dan masih terawat terjaga dari tangan- tangan jahil.  ”Kalau di bukit Nanggi masih alami. Keindahannya  sangat luar biasa untuk itu saya senang ke tempat itu,”ujarnya.

Agasta yakin, bagi yang sudah mengunjungi tempat ini pasti ingin kembali lagi.  Berada di puncak bukit, tidak ada kebisingan namun yang ada  suasana sunyi. Dingin bercampur ketenangan ketika berada di tempat itu. ”Bukit Nanggi meskipun lumayan menantang untuk jalurnya namun sangat menyenangkan ketika sudah mencapai puncak,”ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Rohmatulloh salah seorang pendaki lainnya. Bukit Nanggi bagaikan manivestasi  keindahan alam yang diciptakan oleh Sang Pencipta. Bahkan  keindahan bukit tersebut tidak ada yang bisa menandinginya. ”Kalau mau mencari tahu siapa diri kita, maka datanglah ke bukit Nanggi dan kalau mau melihat keindahan Lombok Timur, maka lihatlah dari bukti Nanggi,”ujarnya.

Sayangnya, perhatian pemerintah dalam mengelola wisata alam itu masih kurang. Padahal  semakin hari semakin banyak yang memadati tempat tersebut. ”Hanya di bukit Nanggi ada jalan macet saking banyaknya orang yang berkunjung,”ujarnya.

Orang yang datang ketempat itu juga bukan hanya yang sudah terbiasa naik gunung. Bahkan banyak pendaki pemula baik dari mancanegara maupun masyarakat Indonesia khususnya lokal yang terlebih dahulu mendaki bukit tersebut sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi. ”Kalau pemula maka saya sarankan untuk ke bukit Nanggi, banyak juga kok yang baru naik dan rata-rata ingin kembali,”ujarnya.(*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid