Mahasiswa Unram Latih Warga Olah Jagung

PELATIHAN: Pelatihan pengembangan usaha olahan jagung menjadi jajanan tortilla di Desa (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram (Unram) di Desa Kuripan Utara Kecamatan Kuripan memberdayakan warga setempat lewat usaha lewat Desapreneur (Desa Wirausaha). Dimana mahasiswa membuat jagung menjadi jajanan tortilla. Untuk pengembangan usaha ini sudah dilakukan  sosialisasi dan pelatihan pembuatan keripik jagung.” Mengolah jagung menjadi jajanan tortilla menjadi program kerja kami di Desa Kuripan Utara,” kata ketua Kelompok KKN Terpadu Unram di Desa Kuripan Utara, Azka Fathin Mazayasyah, kemarin.

Baca Juga :  Spek Bangunan DAK Fisik SMA Berkualitas

Mereka dibimbing oleh dosen pembimbing Dr. M. A. Muazar Habibi. Program ini adalah dalam rangka mendukung potensi jagung yang ada di Kuripan Utara demi membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. “ Sementara, Proker tambahan kami diharapkan dapat membantu desa agar lebih maju untuk ke depannya, seperti mengadakan sosialisasi di sekolah, mengajar dan melaksanakan gotong-royong serta membantu administrasi kedesaan.

Dikarenakan kurangnya  pemanfaatan pangan jagung hasil panen di Kuripan Utara, kami merasa terpanggil untuk memotivasi warga dalam mengolah jagung tersebut menjadi jajanan ringan  berupa tortilla. Hal ini dilakukan agar masyarakat di wilayah Kuripan Utara bisa lebih meningkatkan pendapatan mereka,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mutasi Kepsek dan Guru SMA/SMK Bulan Ini

Kepala Desa Kuripan Utara Muhammad Asmawi mengatakan kegiatan pengembangan ini sangat bagus. Masyarakat antusias. Mereka dilatih mengolah jagung menjadi makanan siap saji.”Olahan jajanan jagung ini sangat menarik karena selama ini jagung hanya dijual bakar dan rebus,” jelasnya. (ami/Adv)

Komentar Anda