Lotim Siap Bangun Mall

Khairul Warisin

SELONG—Upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Bupati Lotim, Hairul Warisin menyatakan, Pemkab Lotim berkeinginan membangun sebuah pusat perbelanjaan atau Mall di Lotim.

Menurutnya, lahan sekitar terminal yang kini masih menganggur, sangat cocok untuk dibangun pusat perbelanjaan. “Mall selain dapat menghasilkan PAD, juga dapat menampung banyak tenaga kerja,” kata Hairul, Jumat (24/2).

Dikatakan, Kabupaten Lotim sendiri memiliki PAD diatas Rp 200 miliar, sehingga kalau hanya membangun Mall, tentu lebih dari mampu. “Saat ini kita bisa membuat Kantor Bupati Lotim yang megah. Kenapa kita tidak bisa membuat Mall yang anggarannya paling hanya sekitar Rp 50 miliar saja. Jadi kalau cuma untuk membangun Mall, kita tidak perlu menunggu investor,” ucapnya.

[postingan number=3 tag=”lotim”]

Terkait anggapan masyarakat, keberadaan Mall dapat membunuh ekonomi para pedagang kecil di sekitarnya. Kembali hairul menegaskan kalau itu tak mungkin terjadi. Mengingat Mall dibangun di pusat kota saja. “Tentu para pedangang kecil yang kebanyakan berada di kecamatan dan sekitarnya, sama sekali tidak terpengaruh,” yakinnya.

Dicontohkan, saat ini di Kota Mataram banyak berdiri Mall yang megah. Namun ternyata keberadaan Mall-Mall itu tidak membuat para pedagang kecil menjadi sepi pembeli. Bahkan adanya Mall ini akan dapat membantu efisiensi keuangan masyarakat. ”Jadi Mall itu tidak akan membunuh siapapun,” tegasnya.

Ditanyakan terkait para investor yang hingga kini masih belum melakukan aktivitas, padahal izinnya telah dikeluarkan? Maka hal itu akan menjadi bahan evaluasi. Sehingga kedepan mencari investor yang benar-benar mempunyai kemampuan, agar tidak sia-sia izin yang telah diberikan pemerintah kepada perusahaan.

“Kedepan tidak akan mempersulit investor ini. Namun pada saat telah diberikan izin, begitu dia mulai membangun, maka disitu pajak juga mulai berlaku. Jadi bagi saya tidak perlu izin, yang penting dia mampu, silahkan dia membangun,” pungkasnya. (cr-wan)

BACA JUGA :  Dikbud Lobar Bangun Ratusan Ruang Kelas Baru Tahun Ini