Layanan Tambahan Peserta BPJamsostek untuk Memiliki Rumah

Peserta BPJamsostek bisa mendapatkan pembiayaan perumahan.

MATARAM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek memberi peluang bagi peserta untuk mewujudkan mimpi memiliki hunian melalui Manfaat Layanan Tambahan (MLT) fasilitas pembiayaan perumahan pekerja.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang NTB, Boby Foriawan menjelaskan bahwa manfaat layanan ini merupakan program untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam memiliki rumah.

“Ada tambahan manfaat menarik menjadi peserta BPJamsostek, yaitu untuk pembiayaan perumahan,” kata Boby Foriawan.

Ada empat jenis manfaat layanan tambahan yang dapat digunakan peserta BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) dan Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja / Kredit Konstruksi (FPPP/KK).

Baca Juga :  Pekerja Mandiri Pastikan Terlindungi Program BPJamsostek

Untuk KPR, biaya maksimal adalah Rp500 juta dengan jangka waktu kredit maksimal 30 tahun. Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) diberikan maksimal Rp 200 juta dengan jangka waktu kredit maksimal 15 tahun. Sedangkan untuk Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) diberikan maksimal Rp150 juta dengan jangka waktu kredit maksimal 30 tahun dan berlaku untuk rumah subsidi.

Boby mengungkapkan, untuk mendapatkan manfaat tersebut peserta harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal satu tahun. Selain itu, terdaftar minimal tiga program antara lain Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) serta pemberi kerjanya tertib administrasi dan iuran.

Baca Juga :  Disnakertrans dan BPJamsostek Gelar Rakor Evaluasi Pembangunan Ketenagakerjaan di NTB

Bagi peserta yang ingin memanfaatkan program ini dapat mengakses aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/perumahan.html atau datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan NTB.

“Silakan mengikuti program ini karena bunga pinjaman lebih rendah, DP – nya lebih ringan dan prosesnya pun mudah,” kata Boby. (luk)

 

Komentar Anda