KPU Lotim Rekrut 28.070 Anggota KPPS

SOSIALISASI : KPU Lombok Timur saat melakukan sosialisasi terkait dengan berbagai tahapan Pemilu 2024 yang telah dilakukan. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur mulai melakukan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di Pemilu 2024. Namun perekrutan KPPS di Lombok Timur terbilang masih sedikit peminat.

Ketua KPU Lombok Timur M. Junaidi mengatakan pembentukan KPPS ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia tak terkecuali di Lombok Timur. Pendaftaran dimulai dari tanggal 11 sampai 20 Desember.  Perekrutan sendiri dilakukan langsung oleh PPS tentunya berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Masing- masing TPS akan direkut tujuh orang KPPS ditambah dengan dua orang petugas Linmas.”Di TPS itu akan ditugaskan 9 orang. Terdiri dari 7 orang KPPS dan dua lagi adalah petugas Linmas. Dimana 7 KPPS ini direkrut oleh PPS sedangkan dua orang petugas Linmas nanti akan ditetapkan oleh Pj Bupati,” jelas Junaidi.

Baca Juga :  Pol PP Lotim Cegat Mobil Pengangkut Miras

Terkait masih minimnya pendaftaran KPPS dijelaskan disebabkan karena sejumlah hal. Diantaranya berkaitan dengan persyaratan yaitu menimal telah mengenyam pendidikan SMA, namun itu hanya ditemukan di beberapa tempat saja .Kendala berikutnya adalah karena sosialisasi yang telah disampaikan belum sepenuhnya diketahui oleh masyatakat luas.”Di sebagian kecil tempat memang ada pendaftar KPPS ini kurang dari 7 orang. Kita kan berharapkan jumlah pendaftar lebih dari 7 orang untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Junaidi.

Baca Juga :  Jalan Sambelia- Pringgabaya Rusak, Warga Tagih Janji Gubernur

Persoalan lainnya adalah karena ada ditemukan sebagian masyarakat yang akan mendaftar KPPS ini namun namanya telah dicatut oleh partai untuk didaftarkan sebagai Caleg. Menyangkut hal tersebut yang bersangkuta diminta  untuk mengajukan form keberatan ke KPU supaya namanya bisa dihapus.” Namun ada kendala sehingga belum bisa di-upload,” ungkap Junaidi.

Untuk Pemilu 2024 mendatang ungkapnya jumlah TPS di semua wilayah di Lombok Timur yaitu sebanyak  4.010  TPS. Jika setiap TPS ditempatkan 7 orang KPPS maka total secara keseluruhan KPPS yang akan direkrut sebanyak 28.070 orang.”Alhamdulillah berbagai tahapan Pemilu semua telah berjalan dengan baik,” tutupnya.(lie)

Komentar Anda