Kepsek SMA/SMK akan Dimutasi Besar-Besaran

Kepsek SMA/SMK akan Dimutasi Besar-Besaran
Saiful Islam (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB dalam waktu dekat akan melakukan mutasi besar-besaran terhadap  kepala sekolah (Kepsek). Terhadap rotasi itu, Dikbud NTB meminta agar semua pihak tidak resah.

Kepala UPT Layanan Dikmen dan PK-PLK Dikbud NTB Kabupaten Lotim, Saiful Islam mengakui perombakan Kepsek tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Dimana mutasi  dilakukan untuk se-NTB setelah semua pihak seperti kepala sekolah, pengawas, guru mengikuti tes psikologi, kepemimpinan dan lainnya yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo pada Mei 2017 lalu bertempat di Kota Mataram.

“Pokoknya dalam waktu dekat akan dilakukan mutasi. Namun kita harapkan kepala sekolah yang sedang menjabat saat ini untuk tetap fokus pada tugasnya dan tidak resah dengan rencana mutasi ini,” pintanya, Selasa (10/10).

Adapun bagi sejumlah kepala sekolah yang sudah lulus saat ini diarahkan untuk mengikuti magang maupun pelatihan dibeberapa sekolah. Hal tersebut dilakukan untuk lebih kepada mengarahkan calon kepala sekolah tersebut mengetahui bagaimana mengelola manajemen sekolah.

“Kita tetap mengimbau supaya para kepala sekolah yang masih menjabat untuk konsentrasi mengemban amanahnya saat ini,” tegasnya.

Bagi peserta tes calon kepala sekolah yang kompetensinya bagus, maka peluang untuk menduduki kursi kepala sekolah baik di SMA maupun SMK cukup besar. Termasuk, kepala sekolah yang menjadi peserta tes tidak memenuhi standar atau syarat penilaian, maka bersiap-siap akan diganti dengan calon Kepsek yang hasil tesnya bagus.

Tujuannya tidak lain untuk melakukan penyegaran kepemimpinan di dalam lingkungan sekolah serta memajukan satuan pendidikan itu sendiri. “Mutasi merupakan hal yang biasa, jadi masyarakat kita harapkan tidak resah,” pungkasnya.(cr-wan)