Hari Pertama PPDB, Sekolah Terima Jalur Prestasi

Hari Pertama PPDB, Sekolah Terima Jalur Prestasi
HARI PERTAMA: Tampak sejumlah calon siswa sedang mendaftar melalui jalur prestasi di SMAN 1 Sakra. (Irwan/Radar Lombok)

SELONG–Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2016/2017  resmi dibuka kemarin. Pada pendaftaran tahap pertama sekolah membuka jalur prestasi.

Kepala SMAN 1 Sakra, H.Sarapudin mengatakan, peminat jalur prestasi  cukup tinggi. Dari total kuota yang disediakan sebanyak 25 persen peminatnya sangat tinggi. Dari jalur ini dipastikan akan peserta pendaftar yang akan tereliminasi.

“Total kuota siswa yang diberikan untuk SMAN 1 Sakra sebanyak 224 siswa,” ungkapnya, Senin (3/7).

Jumlah ini disebutnya berasal berasal dari jalur prestasi, jalur pra sejahtera dan jalur mandiri. Sementara untuk jalur prestasi hanya menerima sekitar 25 persen.

Dari kuota yang ada, jelasnya, sekolah ini memprioritaskan calon siswa yang berasal dari beberepa kecamatan saja. Seperti, Kecamatan Sakra Barat dan Kecamatan Sakra induk. Sementara untuk siswa yang berasal dari Kecamatan Keruak dan Jerowaru boleh daftar di SMAN 1 Sakra asalkan berada di daerah perbatasan.

Ia menegaskan, peminat SMAN 1 Sakra dari tahun ke tahun tidak pernah menurun. Praktis dengan adanya sistem zonasi membuat pihaknya merasa terbantu lantaran tidak kesulitan lagi menentukan jumlah kuota siswa yang harus diterima.

Katanya, pendaftaran jalur prestasi akan dibuka mulai tanggal 3 hingga tangal 5 mendatang. Kemudian akan dilanjutkan dengan jalur pra sejahtara yang dibuktikan dengan berbagai persyaratan yang sudah ditetapkan.

“Jadi siswa yang mendaftar semuanya akan diberlakukan sama dan akan di berikan tes untuk jalur mandiri,” terangnya. (cr-wan)

BACA JUGA :  Dewan Pendidikan Prihatin Fasilitas Sekolah