Kepergok Bobol Rumah, Ahyar Diamuk Warga

BABAK BELUR: Rahmatul Ahyar babak belur dihajar massa usai ketahuan mencuri di perumahan Amaris yang berada di Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata, Jumat (26/9).

PRAYA— Nasib sial dialami oleh Rahmatul Ahyar (29 tahun) warga Dasan Agung Kota Mataram ini.

Nyawanya nyaris melayang, setelah diamuk massa usai ketahuan mencuri bersama Muhlis (35 tahun) yang juga merupakan warga Dasan Agung Mataram, di rumah Samsul Hadi (35 tahun) yang berada di perumahan Amaris Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata.
Rahmatul Ahyar dan Muhlis kepergok mencuri pada Jumat (25/9) sekitar pukul 13 00 Wita di rumah korban yang saat itu dalam keadaan kosong. Kedua pelaku sempat berhasil membawa keluar hasil curiannya dari dalam rumah korban. Hanya saja, saat membawa hasil curiannya, kedua pelaku diketahui warga yang langsung menangkap mereka.
Namun saat itu, Muhlis berhasil lolos dari dikejaran massa. Sementara, Rahmatul Ahyar meringis kesakitan setelah babak belur dihajar massa. Beruntung petugas kepolisian, tidak lama datang ke lokasi dan berhasil mengevakuasi Rahmatul Ahyar yang sudah bersimbah darah dan menangkap Muhlis yang sembunyi di kolong jambatan.

Kapolsek Pringgarata, IPTU Derpin menegaskan, kedua pelaku ini kepergok oleh warga tidak lama setelah melancarkan aksinya. Para pelaku melakukan pencurian dengan cara masuk ke dalam rumah milik Samsul Hadi setelah merusak gembok gerbang rumah dan masuk dengan leluasa ke dalam halaman rumah korban. “Setelah kedua pelaku ini berhasil masuk ke dalam halaman rumah korban, keduanya kemudian mencongkel pintu rumah korban dengan menggunakan cukil besi dan kemudian berhasil masuk kedalam rumah dan mengambil barang berharga milik korban,”ungkap IPTU Derpin, Sabtu kemarin (26/9)

Saat itu, pelaku berhasil mengambil satu buah televisi dan dua salon speaker aktif. Setelah berhasil mengambil barang tersebut, kemudian pelaku keluar. Namun apes bagi para pelaku, karena saat di luar rumah pelaku kepergok dan diteriaki oleh warga yang mengetahui aksinya. Seketika itu juga, pelaku Rahmatul Ahyar berhasil ditangkap oleh warga.
” Kebetulan anggota patroli Polsek berada di sekitar lokasi kejadian dan langsung mengamankan pelaku Rahmatul Ahyar yang dihajar sama massa. Kemudian, kami langsung melakukan pengejaran terhadap tersangka lainnya yakni Muhlis yang sebelumnya berhasil kabur, tidak berselang lama kita berhasil menangkapnya saat bersembunyi di kolong jambatan,”terangnya.

Pihaknya juga menegaskan, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan kepada kedua pelaku, akhirnya kedua pelaku langsung dibawa ke Mapolsek, beserta beberapa barang bukti yang sudah diambilnya. Saat ini, petugas juga masih mengorek keterangan lebih lanjut dari kedua pelaku. Pasalnya, kuat dugaan jika yang bersangkutan ini adalah sepesialis pencuri rumah kosong.
“Untuk kedua pelaku sudah kami amankan berikut barang bukti dan motor yang digunakan saat melakukan pencurian di rumah kosong tersebut, kasus ini juga masih kami kembangkan untuk mengungkap kemungkinan adanya lokasi lain yang menjadi sasaran kedua pelaku,”terangnya.(met)