Jalan Bertong Dipastikan Masuk APBN 2018

BERPOSE: Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rahman Arief saat menerima kunjungan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, Wakil Ketua Komisi III DPRD KSB, Amiruddin Embeng terkait pembangunan jalan Bertong menuju PLTU Kertasari kepada Dirjen Bina di Jakarta, kemarin.

TALIWANG-Pemda Sumbawa Barat kembali mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat. Pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 mendatang akan mengalokasikan anggaran khusus pembangunan jalan Bertong, Kelurahan Telaga Bertong menuju PLTU Kertasari.

Kepastian itu disampaikan langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga didampingi Direktur Jalan Daerah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat menerima kunjungan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, kemarin. ‘’Kementerian PUPR sudah menyatakan kesiapan mereka mengalokasikan dana sekitar Rp 85 miliar lebih untuk pembangunan jalan Bertong menuju PLTU Kertasari. Anggaran itu akan dialokasikan melalui APBN 2018,’’ janjinya.

Perhatian khusus yang diberikan Kementerian PUPR ini tentu saja menjadi angin segar bagi Pemda KSB. Terutama untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan. Jalan tersebut sangat dibutuhkan pemerintah untuk mendukung terealisasinya operasional PLTU Kertasari. ‘’Jadi nanti jalan itu akan dilalui kendaraan pengangkut batu bara yang dibongkar dari dermaga Labuhan Lalar, Kecamatan Taliwang,’’ paparnya.

Alokasikan anggaran yang akan diberikan pemerintah pusat melalui APBN 2018 itu lanjut wabup, merupakan komitmen yang sudah disampaikan Menteri PUPR sendiri pada tahun 2016 lalu. ‘’Ini sudah menjadi atensi khusus Menteri PUPR. Kita kemudian melanjutkan pertemuan dengan Dirjen Bina Marga dan kita diprioritaskan dapat tahun 2018 mendatang,’’ jelasnya.

Bagaimana kesiapan Pemda KSB? Wabup mengatakan, untuk pembangunan dan peningkatan jalan tersebut, Pemda KSB melalui APBD sudah mengalokasikan dana Rp 200 miliar. ‘’Tahun depan kita juga akan memasukkan anggaran untuk jalan ini melalui perda jalan sekitar Rp 200 miliar,’’ janjinya.

Wabup menambahkan, dukungan yang diberikan pemerintah pusat ini merupakan bagian dari dukungan anggaran yang diberikan sebelumnya melalui Dirjen SDA. Sebelumnya, Pemda KSB juga mendapat anggaran cukup besar untuk mengantisipasi bencana banjir. ‘’Ini bagian dari komitmen yang diberikan pemerintah pusat untuk Pemda KSB dalam mendukung ketersediaan saran dan prasarana terutama jalan,’’ tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumbawa Barat, Amiruddin Embeng, SE yang ikut mendampingi pertamuan tersebut memberikan apresiasi khusus atas upaya Pemda KSB melakukan lobi-lobi ke pusat. Dana pusat yang selama ini digelontorkan untuk KSB tidak lepas dari aktifnya pemerintah melakukan pendekatan dengan pemerintah pusat melalui kementerian terkait. ‘’Sikap pro aktif pemda KSB melalui bupati dan wakil bupati KSB saat inilah yang ditunggu. Karena bagaimanapun daerah tidak mampu membiayai semua kegiatan mereka melalui APBD. Tapi harus ada dukungan dari pihak lain, baik itu provinsi maupun pusat,’’ katanya. (far)           

BACA JUGA :  Pemprov Setuju Perbaikan Jalan demi WMM