INOVASI Bantu Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di NTB

PARAYA – Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan Pemerintah Australia menyelenggarakan program INOVASI di enam kabupaten.

Untuk memantapkan pelaksanaan program INOVASI dalam meningkatkan mutu pendidikan di NTB, Senin kemarin (25/7) melakukan road show di Kabupaten Lombok Tengah yang dihadiri Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Fathul Bahri di aula Tastura Kantor Bupati.

Wakil Bupati Lombok Tengah, H Fathul Bahri menyambut baik program INOVASI kerja sama Kemendikbud, Pemprov NTB dengan Pemerintah Australia dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Lombok Tengah. “Kami berharap program INOVASI ini bisa mempercepat peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah,'' kata Wabup Loteng, Fathul Bahri di hadapan perwakilan Kemendikbud, perwakilan dari INOVASI dan juga sejumlah kepala sekolah di Kabupaten Lombok Tengah yang hadir pada pertemuan tersebut.

Fahtul Bahri mengakui jika persoalan pemerataan mutu pendidikan masih menjadi tantangan besar di Kabupaten Lombok Tengah. Dengan jumlah 597 lembaga satuan pendidikan (sekolah) untuk semua jenjang pendidikan yang didukung oleh 12.570 orang guru tersebar di 12 kecamatan menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan mutu pendidikan. Dengan kondisi letak geografis dan kualitas sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik tidak semuanya sesuai harapan juga menjadi persoalan dunia pendidikan di Lombok Tengah.

BACA JUGA :  Pendidikan Jadi Nomor Satu

Sementara itu Kepala Sub Balitbang Kemendikbud RI, Suprananto mengatakan, program INOVASI merupakan salah satu upaya dalam melakukan identifikasi persoalan-persoalan pendidikan yang dihadapai satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan.

“INOVASI merupakan program pendidikan yang fokus dlam peningkatan mutu pendidikan  di jenjang sekolah dasar,'' kata Suprananto.

Dikatakannya, program INOVASI akan bekerja sama dengan guru, orang tua, kepala sekolah, pemerintah kabupaten dan pemangku kepentingan lain dalam mengujicobakan antara lain penelitian tindakan kelas, peningkatan kapastias guru dalam melakukan penilaian dalam kelas dan memberi umpan balik kepada siswa.

Program INOVASI ini untuk di NTB dilaksanakan di enam kabupaten diantaranya, Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Dompu dan Kabupaten Bima. Saat ini tim dari Kemendikbud dan Pemerintah Australia bersama Pemprov NTB masih dalam tahap melakukan sosialisasi di beberapa kabupaten tersebut. (luk)