Guru Menjadi Solusi Hadirkan Pembelajaran Menyenangkan

Widyaprada BGP NTB Nurdiya’ul Fajri, bersama Kadis Dikbud Lotim Izzudin. (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG – Balai Guru Penggerak (BGP) NTB menyelenggarakan lokakarya Pendidikan Guru Penggerak angkatan 8, berlangsung di SMPN 1 Selong Lombok Timur, pekan lalu. Sebanyak 27 peserta yang mengikuti kegiatan dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, Kantor Cabang Dinas (KCD) Lombok Timur, Pengajar Praktik (PP), Calon Guru Penggerak (CGP).

Perwakilan BGP NTB Widyaprada, Nurdiya’ul Fajri mengatakan, pendidikan guru penggerak merupakan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang merupakan program kolektif guru untuk menggerakkan komunitas pendidikan agar menjadi pemimpin pembelajaran. Di akun SIM PKB, sudah banyak informasi untuk menigkatkan kompetensi keahlian dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan.

Baca Juga :  BGP NTB Fokus Berikan Pemberdayaan Guru

“Kami ingatkan untuk selalu mengecek akun SIM PKB, karena di sana banyak informasi yang informatif untuk meningkatkan kompetensi guru,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur Izzudin mengatakan bahwa calon guru penggerak (CGP) yang dilatih selama kurang lebih 6 bulan ini mampu memberikan manfaat bagi diri sendiri juga sekolah, sehingga memberikan makna luar biasa bagi institusi.

“Sebagai guru dituntut membuat sebuah perubahan, apalagi dalam era sekarang ini. Kita dituntut untuk melakukan percepatan dan perubahan sejalan dengan teknologi yang berkembang,” katanya.

Baca Juga :  2.900 Guru Madrasah Diusulkan Ikut Tes Seleksi P3K

Menurutnya, lokakarya 2 angkatan 8 ini para CGP akan praktek coaching sebagai visi untuk perubahan lingkungan belajar. Perubahan yang dilakukan dalam dunia pendidikan yang lebih baik, karena dunia sangat cepat berubah sehingga butuh konsep dan metode baru yang lebih efisien dan efektif dalam pembelajaran.

“Kami berharap guru CGP ini menjadi solusi dalam meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan,” tandasnya. (adi)

Komentar Anda