Guru Besar FKIP Apresiasi Kiprah PP IKA Unram

Prof Agil Al Idrus (kiri) dan Sirra Prayuna (kanan)

MATARAM—Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram Prof Agil Al Idrus, memberi apresiasi atas kiprah kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unram yang saat ini bersiap menggelar Musyawarah Nasional. Pengurus Pusat IKA Unram periode empat tahun terakhir benar-benar telah menjadi mitra strategis bagi almamaternya.

“IKA Unram ini mitra. Karena kalau hanya berorientasi kepada program rutin, universitas susah berkembangnya,” kata Prof Agil di Mataram, Rabu (26/5/2021).

Prof Agil tahu persis bagaimana perjalanan kepengurusan IKA Unram dari masa ke masa. Kepengurusan IKA Unram di masa lalu kata dia begitu homogen. Hampir semua pengurusnya adalah alumni yang merupakan dosen-dosen di Unram. Sehingga IKA Unram pun tidak berkembang dan berimbas pada minimnya kontribusi strategis bagi almamater.

Berbeda dengan kepengurusan IKA Unram saat ini yang begitu heterogen. Datang dari alumni dengan berbagai ragam profesi. Sehingga hal tersebut justru menjadi kekuatan besar. Imbasnya IKA benar-benar menjelma menjadi mitra strategis bagi universitas untuk kegiatan di luar aktivitas rutin yang terkait dengan akademik.

“Sedari awal, kepengurusan sekarang ini sudah luar biasa. Ketuanya muda dan gesit sekali,” kata Prof Agil.

Memang seiring pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, tentulah berimbas pula pada ragam kegiatan dan aktivitas IKA Unram. Tapi tentu para alumni dan khalayak juga harus mafhum. Sebab, jangankan organisasi. Sektor pemerintahan saja yang mengelola angaran pendapatan dan belanja yang dihimpun dari publik, juga terdampak sangat signifikan.

Di sisi lain, belum terbagunnya sekretariat IKA Unram juga kata Prof Agil bisa juga turut memberi andil. Sehingga berbagai kegiatan yang sudah dilakukan IKA Unram belum terdokumentasi secara lengkap dan imbasnya juga tidak terpublikasi secara besar-besaran.

BACA JUGA :  SC Munas Dorong Alumni Maju Jadi Ketua IKA Unram

“Tapi sudah jelas bahwa IKA Unram ini bagian yang tidak bisa terpisahkan dari institusi. IKA Unram benar-benar telah memberi warna,” kata dia.

Menjelang Munas IKA unram yang akan dihelat 28-30 Mei ini, Prof Agil yang pernah menjabat Dekan FKIP Unram ini ingin agar IKA tetap mengusung visi misi untuk kemajuan institusi almamaternya. Dia yakin sepenuhnya, IKA Unram memiliki jejaring yang luas yang hal itu bisa berkontribusi pada pembangunan di Unram dan juga memunculkan kerja sama-kerja sama baru.

Kepengurusan PP IKA Unram sendiri di bawah komando Sirra Prayuna, memang semenjak terbentuk pada Maret 2016, sudah langsung tancap gas. Dimulai dengan menggelar konsolitasi PP IKA. Kemudian pelantikan pengurus, dan dilanjutkan dengan kegiatan Deklarasi Antiterorisme dan Radikalisme oleh lulusan-lulusan Unram.

Setelah itu, PP IKA Unram kemudian menggelar Rapat Kerja Nasional. Kegiatan-kegiatan sosial pun kemudian digeber. Antara  lain aksi donor darah dan memberi bantuan pengobatan gratis bagi masyarakat. Juga memberikan bantuan sosial di berbagai tempat.

PP IKA Unram juga menginisiasi dan menggelar sejumlah kejuaran nasional olahraga di Mataram. Juga berperan aktif saat NTB menjadi tuan rumah MTQ Nasional yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup Wakil Presiden.

Dalam sejumlah bencana besar yang melanda NTB, PP IKA Unram juga tidak pernah absen. Seperti memberi berbagai bantuan saat NTB dilanda gempa besar beruntun pada 2018. Juga pada saat banjir besar melanda Bima dan Dompu.

Di luar itu, kegiatan-kegiatan rutin tahunan seperti berbagi saat berbuka puasa bersama dan sahur on the road di berbagai kota besar di tanah air tetap digelar. Juga halalbihalal dan penyembelihan hewan kurban. Termasuk yang terkait dengan kepengurusan organisasi seperti Musyawarah Wilayah dan pelantikan kepengurusan wilayah maupun tingkat daerah.

BACA JUGA :  Wakil Rektor III Unram Sorot Data Base dan Portofolio Alumni

Sedangkan dalam rangkaian acara Munas ini, Ketum PP IKA Unram Sirra Prayuna menginformasikan bahwa akan digelar penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PP IKA Unram dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Kerja sama tersebut terkait dengan Sistem Pendataan Kependudukan (Sisminduk). “Dengan adanya Sisminduk ini, keberadaan Alumni Unram mudah terlacak termasuk aktivitas kependudukannya selama ini,” ujar Sirra.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Prof Zudan Arif Fakrullah akan hadir secara langsung dalam penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut di arena Munas IKA Unram di Same Hotel, Kota Mataram.

Sirra menambahkan, sebagai bentuk perjuangan pengabdian kepada alumni dan almamater, PP IKA Unram di bawah kepemimpinannya juga telah bersinergi dan membangun komunikasi yang intensif dengan organisasi alumni perguruan tinggi negeri di Indonesia yang tergabung dalam Himpuni (Himpunan Perguruan Tinggi Negeri) yang merupakan wadah organisasi Alumi PTN top Indonesia.

“Lewat Himpuni ini, eksistensi IKA Unram mulai diapresiasi dan dilihat oleh para Alumni PTN terkenal seperti ITB, Universitas Diponegoro, UGM, Airlangga, UNPAD, ITS, dan lainnya,” kata Sirra.

PP IKA Unram bahkan mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah untuk pertemuan tahunan Himpuni yang digelar di kawasan wisata Senggigi, yang dihadiri Menko Luhut Luhut Binsar Pandjaitan.

Khusus mengenai Sekretariat IKA Unram yang belum terbangun saat ini, Sirra mengatakan, PP IKA Unram sebetulnya sudah semenjak lama siap membangun gedung sekretariat tersebut. Namun PP IKA Unram masih menunggu penetapan lahan kembali dari Unram. Sebab, penetapan lahan yang sudah disetujui sebelumnya kemudian harus berubah lagi menyusul perubahan pula dalam hal pengembangan universitas. (*/gt)