Gubernur Sayangkan Tes Pramusim MotoGP Tak Digelar di Sirkuit Mandalika

H. Zulkieflimansyah (Faisal haris/radar lombok)

MATARAM – Gubernur NTB H.  Zulkieflimansyah menyayangkan tes pra musim atau preseason MotoGP 2023 mendatang tidak digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Meski sebelumnya digadang-gadang menjadi lokasi pra musim event balap motor kelas dunia itu, seperti tahun 2022 lalu. “Jadi saya termasuk menyayangkan pre season  (MotoGP) tidak di tempat kita (Sirkuit Mandalika, red),” kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah dikonfirmasi, kemarin.

Gubernur juga sampaikan dengan adanya pergantian Direksi PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika bisa lebih hangat dan baik ke depannya. Meski PT. ITDC tidak hanya mengerus soal Mandalika, tapi mengurus Bali dan Labuan Bajo di NTT. “Tentu kita harapankan lebih hangat dan lebih baik komunikasinya, sehingga misalnya preseason (MotoGP) mungkin secara dalam hitung-hitungan bisnisnya investasinya gede. Tapi kalau bisa diramu kerja sama daerah dan nasional saya kira menarik event itu,” ucap gubernur.

Baca Juga :  PUPR NTB Perkirakan Kerugian Mencapai Rp 15 Miliar

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kata Gubernur, ITDC pasti menghitung biaya yang dikeluarkan. Karena tes pramusim MotoGP hanya berupa latihan. Sehingga jarang banyak orang yang menonton. “Tetapi bukan hanya ngambil duit dari penonton. Yang penting bikin acara. Yang penting bagaimana daerah bisa dipromosikan lebih bagus,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Dorna Sport telah merilis jadwal Tes Pramusim MotoGP 2023. Namun tak seperti 2022 lalu, tes pramusim MotoGP digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia dan juga Sirkuit Mandalika, di Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Lotim tak Persoalkan Sandiaga Uno Tidak Kunjungi Tete Batu

Namun pada jadwal yang dirilis pihak Dorna tersebut, tes pramusim MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysiadan Portimao (Portugal) pada Februari dan Maret menjelang musim baru. Sepang akan menjadi tuan rumah Shakedown Test pertama untuk rookies dan test riders pada 5-7 Februari, sebelum grid kelas utama lainnya bergabung dengan mereka untuk tes resmi tiga hari pada 10-12 Februari.

Kemudian akan menjadi tuan rumah tes resmi dua hari pada 11-12 Maret, serta tes resmi Moto2 dan Moto3 pada 17 Maret. Portimao sendiri akan menjadi tuan rumah putaran pertama musim 2023. (sal)

Komentar Anda