Final Race, Bautista Rajai WSBK Mandalika 2023

WAWANCARA: Alvaro Bautista saat menyampaikan keterangan persnya di depan sejumlah awak media, Minggu (5/3/2023). (NASRI/RADAR LOMBOK)

MANDALIKA–Alvaro Bautista amankan poin penting di Final Race Wolrd Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (5/3/2023).

Ketangguhan Rider Aruba.it Racing Ducati ini belum bisa digeser pesaingnya. Buktinya sesi Race 1 dan Final Race sukses menjadi miliknya. Setelah ia mampu mempertahankan lajunya dengan baik.

Saat Start Race 2 dimulai, terlihat Toprak Razgatlioglu berada garis paling depan. Sementara Alvaro Bautista berada di posisi 9, akibat crash di sesi Superpole Race. Namun karena kesungguhannya untuk mengejar ketertinggalan, Bautista secara perlahan mampu memperbaiki lajunya dan merangsek ke posisi 5 di Lap 14. Selama 7 lap ia mampu mengejar ketertinggalannya menuju posisi 5.

Tidak lama berada di posisi 5, rupanya insiden crash harus kembali terjadi di tikungan 11 dan 12. Sementara saat itu, Michael Rinaldi memimpin, disusul Toprak.

Baca Juga :  Final Race WSBK Mandalika Red Flag, Tiga Rider Crash

Namun akibat crash tersebut, balapan ditunda karena Bendera Merah/Red Flag diangkat crew sebagai tanda tidak bisa dilanjutkannya balap untuk sementara waktu.

Setelah ditunda sekitar 20 menit, start pun diulang pada lap 14 dengan posisi seperti biasa. Di mana Rinaldi tetap pimpin lap, kemduian Toprak berada di posisi kedua disusul Axel Bassani.

Berkat kecermatan seorang Bautista, beberapa kali mampu merangsek nyalip beberapa pembalap. Hingga akhirnya ia mampu menyalip Toprak, dan Bautista berhasil di posisi kedua setelah Rinaldi.

Menariknya lagi, di sisa dua Lap, Bautista berhasil salip Rinaldi dan berhasil jadi yang tercepat. Sementara Rinaldi harus terpental ke posisi 5. Hingga last lap berakhir, podium Race 2 akhirnya menjadi milik Bautista.

Kemudian podium dua di raih Toprak, dan podium tiga sekaligus sebagai podium pertama Honda diraih oleh Xavi Vierge dari Team HRC.

Baca Juga :  Bautista Crash, Toprak Sukses Amankan 12 Poin Superpole Race WSBK Mandalika

Adapun untuk klasemen sementara raihan poin Rider, saat ini masih dipimpin Alvaro Bautista dengan 112 poin. Karena sudah berhasil menguasai dua race penting, yakni Race 1 dan Race 2. “Ini podium luar biasa untuk saya. Dua Race penting berhasil saya kuasai,” ujar Bautista dalam keterangan persnya.

Selanjutnya untuk posisi kedua, posisinya Andrea Locatelli berhasil digeser rekan setimnya, Toprak Razgatlioglu dengan 75 poin, setelah berhasil mengamankan 20 poin di Final Race.

Sedangkan untuk posisi ketiga, Andrea Locatelli harus rela turun peringkat setelah tidak dapat podium dan hanya mampu amankan 70 poin di ajang Final Race WSBK Mandalika 2023. (rie)

Komentar Anda