Dua Siswa Madrasah Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Nasional

SELEKSI : Dispora NTB saat melakukan seleksi siswa menjadi calon Paskibraka Nasional maupun calon Paskibraka Provinsi NTB tahun 2021.(ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Hana Novita Fitri, siswi MAN 2 Mataram dan Yasser Ramadhani, siswa MAN 2 Kota Bima resmi ditetapkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2021. Hal ini setelah melalui seleksi ketat oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB.

“Alhamdulillah, kita sangat bangga atas prestasi dua siswa madrasah NTB terpilih menjadi anggota Paskibraka nasional tahun 2021. Tahun lalu siswa dari MAN 2 Kota Bima atas nama Muhammad Adzan, sekarang Yasser Ramahdani asal MAN 2 Kota Bima dan Hana Novita Fitri asal MAN 2 Mataram,” kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag NTB HM Ali Fikri kepada Radar Lombok, kemarin.

Pada tahun 2019 lalu, Muhammad Adzan salah satu Paskibraka  Nasional ditunjuk menjadi komandan kelompok (Danpok) Pasukan 17 Tim Merah pada upacara bendera peringatan HUT RI ke-74 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus 2019 lalu. Pada tahun 2020 kembali bertugas sebagai pembentang bendera merah putih juga ditunjuk sebagai komandan kelompok pada upacara bendera peringatan HUT RI ke-75 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020.

BACA JUGA :  Terobsesi Jadi Dokter

“Jargon kita sekarang siswa cerdas, guru hebat dan madrasah bermartabat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag NTB Dr HM Zaidi Abdad mengaku bangga dan memberikan apresiasi untuk MAN 2 Mataram dan MAN 2 Kota Bima.

“Semoga menjadi contoh untuk madrasah lainnya di NTB,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk mencapai tahap seleksi Paskibraka tingkat Nasional tidaklah mudah, setiap peserta harus terlebih dahulu diseleksi di tingkat sekolah masing-masing. Kemudian tahap berikutnya seleksi tingkat kabutapen/kota. Setelah itu yang memenuhi syarat akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Jika lolos untuk ke seleksi nasional, maka peserta dapat mengikuti seleksi tingkat Nasional untuk mewakili Provinsi NTB.

BACA JUGA :  Takut Gempa, 5 Siswa Mataram Eksodus Keluar Daerah

“Alhamdulillah, ini dua siswa dari madrasah yang langsung mewakili sekaligus,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Daya Saing Kepemudaan Dispora NTB Dr H Muhtadi Hairi mengaku ini sejarah dua siswa dari madrasah sekaligus mewakili NTB ke Istana diacara pengibaran bendera.

“Pengumumannya tanggal 27 Mei 2021, Hana Novita Fitri asal MAN 2 Mataram dan Yasser Ramadhani, siswa MAN 2 Kota Bima ke tingkat Nasional menjadi pengibar. Sedangkan 24 siswa menjadi Paskibraka provinsi, dengan rincian 12 orang calon Paskibraka Provinsi putra, dan 12 orang calon Paskibraka putri,” sebutnya.

Menurut Muhtadi, calon anggota Paskibraka tingkat nasional akan mengikuti pemusatan latihan yang direncanakan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Jakarta Timur.

“Diharapkan agar memberikan dukungan moril terhadap siswa/siswi yang terpilih, baik sebagai calon Paskibraka Nasional maupun calon Paskibraka Provinsi NTB,” harapnya. (adi)