Dua Rumah di Batu Rente Longsor

RUSAK: Warga di Dusun Batu Rente Desa Karang Baru Kecamatan Wanasaba sedang meratapi rumah dan perabotannya yang rusak diterjang longsor kemarin. (Ist for Radar Lombok)

SELONG – Dua rumah warga di Dusun Batu Rente Desa Karang Baru Kecamatan Suralaga rusak diterjang longsor, Selasa (16/3). Beruntung kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Lokasi longsor terjadi di dua titik yaitu di RT 4 dan RT 5 . Pemerintah desa setempat langsung berkoordinasi dengan tim Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Petugas dikerahkan ke lokasi membantu mengevakuasi dan membersihkan rumah warga.” Tanah longsor ini masih berskala kecil. Dari dua unit rumah yang rusak itu, yaitu bagian temboknya yang roboh,” kata Kasi Penyelamat dan Evakuasi BPBD Lotim, Masri Habibullah.

Bencana longsor ini disebabkan karena intensitas hujan yang begitu tinggi selama beberapa hari terakhir ini. Terlebih lagi konstruksi tanggul penahan rumah warga juga tidak begitu kokoh. 

Di tengah kondisi cuaca esktrem, BPBD Lotim telah  memberlakukan status siaga darurat bencana  sampai tanggal 30 April mendatang.  Selain itu pihaknya juga telah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang rawan bencana, entah itu banjir, longsor, angin puting-beliung maupun pohon tumbang.

Tidak hanya itu masyarakat juga diingatkan untuk tetap waspada terhadap ancaman bencana ini. Begitu juga dengan pihak terkait terutama penanggulangan bencana di desa juga supaya bergerak cepat ketika terjadi di wilayahnya.”Kita harus tingkatkan  kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometrologi yang dapat ditimbulkan tersebut di akhir-akhir musim penghujan,” tandasnya.(lie)

BACA JUGA :  Longsor Terjang Tiga Rumah Warga di Lombok Barat