Dua Jenazah Wisatawan Arab Saudi Dipulangkan

Dua Jenazah Wisatawan Arab Saudi Dipulangkan
DIPULANGKAN: Dua wisatawan asing asal Arab Saudi yang tewas tenggelam saat dipulangkan melalui bandara BIL, Senin (26/8). (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Dua orang wisatawan asal Jedah Saudi Arabia, yang tewas karena terseret ombak saat berlibur  di pantai Ketapak Dusun Tomang Omang Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat, Minggu (25/8) akhirnya dipulangkan ke negaranya.

Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Lombok Tengah, H Lalu Moh Amin menerangkan, kedua jenazah Yahya Jamilah Abdul Malik, 45 tahun dan Salman Elham Abdul Salam, 26 tahun  dipulangkan sekitar pukul 19.07 Wita, Senin  (26/8). Almarumah dipulangkan dengan menggunakan pesawat Batik Air ID- 8334,No. Reg PK-LBO Orthers- 8334, rute Bandara Internasional Lombok menju Bandara Internasional Soekarno Hatta. “Awalnya sekitar pukul 16.53 wita, rombongan yang membawa dua jenazah WNA Asal Jeddah Saudi Arabia tiba di cargo Bandara Internasional Lombok, baru dilakukan pemeriksaan X-ray dan dibawa menuju appron. Sekitar pukul 19.07 Wita, pesawat Batik Air ID- 8334,No. Reg PK- PK-LBO Orthers- 8334 take off menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta,” papar Moh Amin kepada Radar Lombok, Selasa (27/8).

Sekda Lombok Tengah, H M Nursiah mengaku perihatin ada wisatawan yang meninggal di pantai di Lombok Tengah. Peristiwa itu tentu akan menjadi bahan evaluasi mereka ke depan untuk kembali meningkatkan pengawasan keselamatan wisatawan. “Ke depan kita harus bisa memastikan setiap wisatawan yang datang harus ditemani guide profesional. Sehingga mereka bisa mengetahui mana saja lokasi berbahaya dan tidak. Kita prihatin karena kejadian ini tidak kali ini saja terjadi,” katanya.

Untuk memastikan keselamatan wisatawan, nantinya di setiap lokasi wisata akan dipasangkan rambu-rambu peringatan. Sehingga wisatawan bisa mengetahui lokasi yang mereka tempati itu berbahaya. Terlebih selama ini pihaknya mengakui masih minim rambu peringatan bagi wisatawan. “Nanti lokasi pantai yang dianggap rawan harus kita pasangkan rambu peringatan. Tidak hanya lokasi pantai akan tetapi destinasi wisata yang lainnya yang masih rawan seperti rawan longsor dan lain sebagainya akan tetap kita pasang. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali,” tambahnya.

Terlebih, Lombok Tengah sekarang menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan. Tentu harus juga bisa memperhatikan keselamatan wisatawan yang datang menikmati keindahan daerah itu. “Ini menjadi pembelajaran kita agar ke depan kita lebih meningkatkan kewaspadaan dan memastikan wisatawan merasa nyaman berlibur,” terangnya.

Minggu (25/8), dua orang wisatawan asal Saudi Arabia tewas terseret ombak. Wisatawan ini datang sekitar pukul 16.00 Wita dan dihempas ombak saat sedang mandi dan langsung terseret ombak ke tengah laut. Melihat hal tersebut, kemudian guige meminta pertolongan kepada warga sekitar. Setelah dicari warga menggunakan perahu dengan menyisir pinggir pantai. Kedua korban ditemukan warga di tengah pantai Ketapak Dusun Kapal Desa Selong Belanak sekitar pukul 17.30 Wita, dalam keadaan tidak bernyawa. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid