Disperindag Bangun Pasar Kuliner di Kelayu

Disperindag Bangun Pasar Kuliner di Kelayu
KULINER : Proses pengerjaan lanjutan pasar kuliner yang berlokasi di Kelurahan Kelayu Kecamatan Selong. (M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG – Pemkab Lombok Timur melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) membangun pasar kuliner yang bertempat di Kelurahan Kelayu. Pembangunan sendiri dilakukan dua tahap. Tahap pertama dikerjakan di tahun 2017. Kemudian dilanjutkan kembali di tahun ini.

Untuk pengerjaan di tahun 2017, alokasi anggaran pembangunan sejumlah Ruko yaitu sebesar Rp 2,5 miliar, pengerjaannya pun telah tuntas. Sedangkan pengerjaan tahun ini alokasi anggarannya yaitu Rp 1,5 miliar.” Kalau pembangunan yang sekarang lanjutan dari tahun sebelumnya. Pembangunan lanjutannya itu untuk melengkapi pembangunan sebelumnya,” kata Kepala Dinas Perindag Lotim Teguh Sutrisman, Senin (19/4).

Pembangunan pasar kuliner di lokasi itu katanya tak lain untuk memberikan fasilitas bagi para pedagang yang memproduksi berbagai jenis makanan. Dengan keberadannya itu, nantinya para pedagang bisa berjualan di satu tempat.” Kita siapkan mereka kios dan fasilitas lainnya,” katanya.

Pengerjaannya diupayakan akan selesai tahun ini. Sehingga keberadaan pasar kuliner itu bisa segera ditempati oleh para pedagang.

Tidak hanya pasar kuliner, di tahun ini juga akan dibangun sejumlah pasar diantaranya Pasar Apitaik. Untuk pasar ini anggaran pembangunannya yaitu Rp 6 miliar.

‘’ Kemudian kita juga akan bangun Pasar Kotaraja dari DAK, Montong Belai dan beberapa pasar lainnya ‘’ pungkasnya.

Sementara itu Lurah Kelayu Selatan Zulpan mengatakan terkait dengan pembangunan pasar kuliner itu mereka tidak tau pasti kapan akan dimulai beroperasi. Yang jelas keberadaan pasar kuliner di wilayahnya itu sangat tepat. Mengingat warganya banyak yang  berprofesi sebagai pengusaha kuliner.

‘’ Keberadaan pasar ini sangat membantu untuk warga kita. Tujuannya mungkin supaya mereka berjualan di satu tempat ‘’ kata dia.(lie)