Camat Kabupaten Paser Belajar Ke Lombok Utara

KUNKER : Bupati Najmul Akhyar bersalama dengan Ketua Rombongan Camat Kabupaten Paser PLH Sekda Arief Rahman disaksikan Asisten III Lalu Mustain dan Kabag Pemerintahan Tresnahadi.

TANJUNG – Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar menerima kunjungan studi banding camat Kabupaten  Paser  Provinsi  Kalimantan Timur di aula kantor bupati yang dihadiri oleh para asisten, staf ahli, dan camat se Kabupaten Lombok Utara, Selasa (2/5). “Saya sangat bangga dan merasa senang dengan kehadiran Sekda Kabupaten Panser dan para camat yang ikut hadir pada kesempatan hari ini. Semoga ini adalah merupakan berkah bagi kami masyarakat kabupaten Lombok Utara,” katanya memberikan sambutan.

Lombok utara merupakan kabupaten yang baru mekar dan dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Lombok Barat. Dalam kurun waktu masuk 9 tahun pihaknya dapat mensejajarkan diri dengan kabupaten/kota yang telah lebih dulu berkembang dan lebih dulu  berdiri.Khusus untuk Kebupaten Lombok Utara, kami juga telah mengembangkan program penyerahan sebagian kewenangan kepada camat, sebab camat adalah merupakan wakil dan perpanjangan tangan tangan Bupati di daerahnya yakni PATEN,” tandasnya.

Di dalam program PATEN itu ada perizinan keramaian dan izin usaha serta lainnyayang selama ini diurus di tingkat kabupaten, namun sekarang semua itu sudah dapat diurus ditingkat Kecamatan, “Dengan konsep berpikir, kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit,” ucapnya.

Ia tidak akan pernah mencampuri semua keputusan camat selama itu tidak menyalahi aturan yang ada. Namun, jika ada kesalahan maka pihaknya hanya akan meluruskan kesalahan yang ada. Dan ada beberapa keputusan bupati yang telah dibuat yaitu keputusan Bupati No 25 Tahun 2017 tentang pelimpahan kewenangan kepada camat, keputusan bupati Nomor 12 Tahun 2017 tentang penetapan paten dan keputusan Bupati Nomor 11 Tahun  2017 tentang tim teknis pelyanan terpadu di Kabupaten Lombok Utara, semua ini kami lakukan untuk kemaslahatan masyarakat. “Saya berharap semoga kedepannya kami juga bisa belajar dari daerah bapak tentang usaha dalam memajukan pemerintahan daerah,” tandasnya.

Sementara itu, ketua Rombongan PLH Sekda Kabupaten Paser H Arief Rahman menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati Lombok Utara dan jajarannya telah meluangkan waktunya  untuk menerima rombongannya secara langsung.Saya melihat secara langsung bahwa sepanjang jalan semua infrastruktur tertangani secara baik, semua itu mungkin karena SDM yang ada di Lombok Utara telah tertangani secara baik, semoga apa yang kami saksikan di daerah ini dapat kami kembangkan didaerah kami di Kalimantan Timur sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat kami,” harapnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid