Awas Ada Calo Siswa Baru

MATARAM-Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur onliane, sejumlah sekolah favorit di Kota Mataram diburu para calon siswa baru. Seperti SMAN 1 Mataram, SMAN 5 mataram, SMAN 2 Mataram, SMKN 3 Mataram, SMKN 2 Mataram.

Sedangkan tingkat SMP, yakni SMPN 2 Mataram dan SMPN 6 Mataram.  Ribuan orang tua antri saat mendaftarkan anaknya. Para orang tua dihimbau, untuk tidak mempercayai calo yang mulai bergentayangan saat ini.  hari pertama tidak terjadi gaguan, beruntung server tidak mengalami gaguan, operator sekolah nampak  kwalahan dengan jumlah pendaftar yang membludak sejak pagi hari untuk melakukan akses data siswa.

Sekertris Komisi IV DPRD kota Mataram Herman meminta, sekolah untuk trasparan serta  terhindar dari calo-calo, maupun titipan para pejabat. Ia juga meminta dinas terkait, untuk pemerataan siswa tetap dijalankan, sehingga tidak ada diskriminasi antara sekolah di tengah Kota Mataram dan sekolah swasta maupun pinggiran kota. ‘’ Tidak ada kata favorit, semua sekolah sama. Sehingga orang tua tidak hanya berpacu pada satu sekolah,’’ katanya, Senin kemarin.

Pelaksanaan PPDB onlaine akan dilaksankan sampai tanggal 29 Juni mendatang.  Dewan  telah melakukan pengawasan, serta menerima beberapa keluhan dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan PPDB. Baik melalui onlaine maupun jalur prestasi. seperti jalur prestasi, sekolah diminta betul-betul menjaring siswa yang berbakat serta berprestasi. ‘’ Jangan dijadikan modus, untuk menerima titipan,’’ ucapnya.

Terpisah Kadispora Kota Mataram, H Sudenom mengatakan, pelaksanaan PPDB melalui jalur onlaine pada hari pertama berjalan lancar. Jaringan server sudah memadai, beberapa sekolah ditengah Kota Mataram masih diburu. Padahal, melalui jalur onlaine mereka bisa daftar langsung melalui handphone maupun jaringan internet dirumahnya.

Dengan sistem onlaine, siswa akan terpental sendiri ke sekolah yang sesuai dengan standar nilai yang dimiliki siswa. Selain jalur onaline dikpora juga telah melakukan penjaringan siswa melalui jalur prestasi, serta jalur Bina Lingkungan (BL) nantinya setelah usia idulfitri. ‘’Siswa yang tidak diterima melalui jalur prestasi dan onlaine bisa melalui BL. Untuk jalur BL, akan murni dilakukan seleksi sesuai dengan jangkauan sekolah,’’ pungkasnya. (dir)

BACA JUGA :  Ngaku Investor, Padahal Calo Tanah