Air Asia Tambah Jadwal Penerbangan Malaysia ke Lombok

Upaya Mewujudkan Target Kunjungan 4 Juta Wisatawan

Air Asia Tambah Jadwal Penerbangan Malaysia ke Lombok

LOTENG—Tingginya permintaan penumpang (baca wisatawan, red) dari Kualalumpur, Malaysia, yang hendak berwisata ke Pulau Lombok, membuat Maskapai Penerbangan Air Asia yang sebelumnya 2 kali terbang langsung (direct flight) dari dan ke Malaysia – Lombok, akhirnya menambah jadwal penerbangannya menjadi 3 kali sehari.

“Antusias penumpang, khususnya wisatawan dari Malaysia yang hendak berwisata ke Lombok memang tinggi. Sehingga untuk mengakomodir itu, jadwal penerbangan dari Malaysia – Lombok ditambah menjadi tiga kali sehari, dari sebelumnya dua kali sehari,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), I Gusti Ngurah Ardita, yang dijumpai di sela menyambut kedatangan para wisatawan yang menggunakan pesawat Air Asia di pintu kedatangan internasional LIA, Senin kemarin (22/1).

Disampaikan Ardita, penambahan jadwal penerbangan Air Asia ini merupakan salah satu program dari PT AP I LIA untuk mendukung pengembangan kepariwisataan NTB, yang tahun 2018 ini menargetkan angka kunjungan 4 juta wisatawan. Selain itu, juga sebagai upaya untuk membuka link (jaringan) penerbangan internasional untuk terbang ke Lombok. “Kedepan kami juga akan terus berupaya untuk membuka rute-rute penerbangan langsung ke Lombok dari luar negeri,” ujar Ardita.

BACA JUGA :  Lautan Manusia Tumpah di Pantai Seger, Semua Sepakat Lestarikan Bau Nyale

Senada, Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL Moh. Faozal, menyampaikan bahwa untuk mewujudkan target kunjungan 4 juta wisatawan ke NTB tahun ini, tentu diperlukan upaya-upaya kreatif dan inovatif, termasuk gencar promosi ke berbagai daerah, bahkan keluar negeri sekalipun, agar para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Lombok dan Sumbawa.

“Setelah para wisatawan itu tertarik untuk berwisata ke Lombok maupun Sumbawa, kemudian tentu dibutuhkan sarana transportasi yang lancar dan memadai. Dan inilah salah satu jawabannya, Maskapai Air Asia menambah jadwal penerbangannya dari sebelumnya dua kali sehari, menjadi tiga kali sehari. Dan kedepan tentu kita harus mengupayakan maskapai luar negeri lainnya untuk berbuat hal yang sama. Yang sudah ada menambah jadwal penerbangannya. Sementara yang belum ada, agar mau terbang ke Lombok (LIA),” harap Faozal.

Ditambahkan Faozal, Kualalumpur, Malaysia sendiri merupakan hub (tempat transit) penumpang pesawat dari berbagai negara di dunia, untuk kemudian melanjutkan penerbangan sesuai tujuan masing-masing, salah satunya adalah ke Lombok. Karena itu, tak heran kalau penumpang pesawat Air Asia dari Malaysia ke Lombok saat ini lebih banyak didominasi oleh para wisatawan mancanegara.

BACA JUGA :  Kewaspadaan Ditingkatkan, Pariwisata KLU Aman

“Seperti penerbangan pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan AK304 tujuan Kualalumpur – Lombok kali ini. Dari sebanyak 135 penumpang, 90 penumpang diantaranya adalah para wisatawan mancanegara dari Amerika dan Eropa, seperti dari Jerman, Kanada, Italia, Czech Republic, Spanyol, Finlandia, Chili, dan lainnya. Sisanya adalah wisatawan dari Malaysia dan China,” beber Faozal seraya menyampaikan, tiga kali jadwal penerbangan langsung Air Asia dari Malaysia ke Lombok, yaitu pada jam 06.50 – 10.00, jam 08.35 – 11.45, dan jam 15.35 – 18.45. (gt)