600 Pelari Ikuti Mandalika Color Run

600 Pelari Ikuti Mandalika Color Run
COLOR RUN: Steve (kiri), wisatawan asal Australia, tampak semangat ketika mengikuti even Mandalika Color Run, lomba lari wisata yang digelar Dispar NTB di KEK Mandalika, sebagai rangkaian kegiatan BPLS 2017, Minggu kemarin (27/8). (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)

PRAYA—Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) 2017 selama sebulan penuh, 18 Agustus – 16 September, kian meriah dengan digelarnya Mandalika Color Run atau lomba lari wisata yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Minggu kemarin (27/8).

Mandalika Color Run menempuh jarak 5 km  diikuti sekitar 600 pelari, yang berasal dari komunitas pelari, pelajar, pengusaha dan pelaku wisata, bahkan masyarakat umum. Bahkan  puluhan wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di sekitar KEK Mandalika juga ikut serta.

Kepala Dispar NTB, HL Moh Faozal mengatakan, bukanlah sebuah kejuaraan lari yang sifatnya prestasi. Namun lebih pada kegiatan pariwisata yang penuh dengan keakraban dan menyenangkan. “Karena itu pemenangnya tidak mendapatkan hadiah. Kami hanya menyediakan 100 medali untuk 100 peserta yang lebih dahulu tiba di garis finish,” papar Faozal.

Namun demikian, panitia juga menyediakan doorprize bagi para peserta sebagai hadiah hiburan. “Bagi peserta yang beruntung, mereka akan mendapatkan sebuah sepeda motor yang disediakan oleh panitia,” ujar Faozal.

Lomba lari wisata  ini merupakan ketiga yang pernah digelar. Tahun-tahun sebelumnya kita laksanakan di Kota Mataram  dan Gili Trawangan.” Namun yang paling dahsyat, ternyata yang hari ini di KEK Mandalika,” kata  Faozal.

Rencananya,  even Color Run akan menjadi ikon dari KEK Mandalika. “Destinasi di KEK Mandalika ini sangat bagus untuk kegiatan Color Run. Selain faktor alamnya yang indah, dari sisi peserta juga sangat banyak. Jadi Color Run akan dilaksanakan setiap tahun di Mandalika,” tandas Faozal.

Sementara Direktur Operasional PT ITDC, AA Ngurah Wirawan menyambut antusias kegiatan Color Run ini. “Bagus, saya dukung. Cuma saya minta maaf, jalannya masih berdebu. Tapi mau bagaimana lagi, proyek pembangunan memang sedang berlangsung. Tapi tahun depan sudah bisa pakai jalan beraspal yang bagus. Semoga tahun depan pesertanya lebih banyak lagi,” harap Ngurah.

Saat ini lanjut Ngurah, pihak ITDC sendiri sedang membangun sarana jalan raya di KEK Mandalika sepanjang sekitar 15 kilometer. Terdiri dari  4 kilometer jalan yang telah dibangun sebelumnya di sekitar Pantai Kuta, kemudian ditambah lagi dibangun sepanjang 4 kilometer, dan 7 kilometer sisanya di Pantai Tanjung An. (gt)