Warga NTB Apresiasi Peringatan Hari Pers Nasional di Car Free Day

PERINGATAN HPN: Kepala Diskominfotik NTB, Ketua PWI NTB, dan para Pimpinan Media di NTB foto bersama usai "Bincang Gemilang" memperingati HPN 2022 di Kantor Kominfotik NTB, Minggu (6/3/2022).

MATARAM–Warga NTB mengapresiasi rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTB, bertempat di halaman Kantor Dinas Kominfotik NTB, Minggu pagi (6/2/2022), atau bertepatan dengan Car Free Day (CFD) di Jalan Udayana, Kota Mataram.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah SE, M. Sc, yang berlangsung meriah dengan senam bersama dan ‘live music’.

Terpantau ratusan warga hadir untuk bersama-sama memperingati Hari Pers Nasional di acara Bincang Gemilang yang diselenggarakan Dinas Kominfotik NTB.

Peringatan HPN 2022 di Kantor Kominfotik NTB

Fitri Widyawati, siswi SMKN 3 Mataram yang ditemui di lokasi berharap dengan adanya Hari Pers Nasional, informasi tentang kegiatan pendidikan selama masa pandemi menjadi lebih baik lagi..

“Karena banyak informasi kebijakan soal sekolah yang ditulis di media membantu kita mengetahui tentang perkembangan pandemi,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringati HPN dan Jelang MotoGP, Gubernur NTB Ajak Insan Media Sebarkan Informasi Positif

Berbeda dengan Sahri, pekerja lepas di Islamic Center Mataram ini mengaku, informasi yang dibacanya di media cetak maupun dari televisi dominan mengisi informasi namun di lingkungan kerja maupun tempat tinggalnya terkadang berbeda.

“Mungkin banyak juga yang masih kurang disiplin atau jenuh dengan kondisi pandemi ditambah berita yang seperti tak selesai di media membuat masyarakat bersikap biasa saja,” jelasnya.

Sementara itu, Heri Suparto, seorang pekerja swasta, media saat ini kalah cepat dengan media sosial walau ada pula media online yang menyajikan berita secara cepat namun terkadang kurang lengkap.

“Ini juga tantangan untuk pers dan media agar informasi di dunia maya lebih bertanggungjawab,” sebutnya.

H Samiarto, salah seorang wartawan senior mengungkapkan, pola keterbukaan dan kemerdekaan pers harus lebih baik dari sebelumnya. Terlebih saat ini, NTB sedang menjadi sorotan dunia.

Baca Juga :  Masyarakat Desa Sukarara Rasakan Dampak Program BAKTI

“Secara kualitas, pers dan jurnalis sudah lebih baik. Terbukti dari banyaknya program program capacity building dari banyak lembaga pers,” sebutnya. Ia menambahkan, keterbukaan informasi dan kemerdekaan pers sebagai dua hal yang sejalan dan pers daerah harus didukung penuh oleh pemerintah provinsi.

Dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional tersebut, warga yang hadir di Car Free Day juga disuguhi kopi gratis dan buku bacaan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip serta Dinas Sosial NTB.

Turut hadir mendampingi Gubernur pada kesempatan tersebut para Asisten dan staf ahli gubernur, Kasatpol PP, Kepala BKD, BAPPENDA, dan para kepada perangkat daerah lingkup pemprov NTB lainnya. (RL)

Komentar Anda