Wabup Kukuhkan Da’i Kesehatan di Sakbar

DA’I KESEHATAN: Wakil Bupati Lotim, ketika mengukuhkan 36 Da’i Kesehatan di wilayah Kecamatan Sakra Barat.

SELONG—Gebrakan baru yang dinamakan progam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dilakukan Camat Sakra Barat, H. Muhsan, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat di wilayah Sakra Barat, dengan membentuk Da’i Kesehatan.

Dijelaskan Muhsan, program STBM dilakukan dalam rangka membantu masyarakat yang berada di desa-desa yang keadaan desanya masih kumuh, dan masyarakat  belum merata memiliki fasilitas memadai di masing-masing rumahnya.

“Dengan dikukuhkannya Da’i ini, nantinya akan melaksanakan lima pilar dari tugas pokok Da’i, yaitu menerapkan mencuci tangan pakai sabun, tidak boleh buang air di sembarang tempat, pengolahan sampah rumah tangga, pembenahan saluran air  di halaman rumah, dan minum air yang bersih,” ungkapnya, Selasa (18/10).

Adanya Da’i Kesehatan yang dikukuhkan langsung oleh Wakil Bupati Lotim ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang belum memilik fasilitas seperti kamar mandi, sehingga diharapkan nantinya akan dibuatkan. ”Jadi setelah program ini berjalan, tidak ada lagi namanya masyarakat yang jorok dan kotor dirumahnya,” harap Muhsan.

Dikatakan, jumlah Da’i Kesehatan yang telah dikukuhkan oleh Wabup Lotim ini jumlahnya sebanyak 36 Da’i, dimana Da’i ini diambil dari masyrakat masing-masing desa yang sudah mengerti dan paham dengan ilmu agama dan ilmu kesehatan.

Hanya saja, untuk menjalankan program ini bisa maksimal, pihaknya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sebagai solusi, pihaknya kini juga sedang mencari cara demi program yang sudah dikukuhkan itu bisa berjalan.

“Tapi biar bagaimanapun kita harus tetap menjalankan, mengingat masing-masing desa di Kecamatan Sakra Barat belum memenuhi kesehatan rumah yang memadai,” tekadnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid