Ini Khasiat Buah Nanas yang Perlu Anda Ketahui

Buah Nanas memiliki banyak manfaatnya. Selain mengandung gizi tinggi juga menyembuhkan beberapa penyakit.(ist)

JAKARTA – Buah Nanas sudah familiar di masyarakat kita. Buah dengan daging berwarna kuning dan kulit bersisik ini banyak digemari untuk dikonsumsi.

Buah nanas mengandung berbagai nilai gizi seperti vitamin C, 95 IU vitamin A, 21 mg kalsium, 19 mg magnesium, 12 mg fosfor, 180 mg potasium dan 29 mcg folat. Selain itu, buah nanas juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Stylecraze.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Studi menunjukkan kemungkinan efek anti-obesitas nanas. Tikus yang diberi diet tinggi lemak menunjukkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, akumulasi lemak tubuh, dan akumulasi lemak hati setelah mengonsumsi jus nanas. Jus nanas mampu menurunkan lipogenesis (pembentukan lemak) dan meningkatkan lipolisis (pemecahan lemak untuk melepaskan asam lemak).

Nanas mungkin tampak sebagai makanan yang ideal untuk membakar lemak perut, meskipun masih membutuhkan lebih banyak penelitian dalam hal ini.

2. Membantu Pencernaan Komponen terpenting dari nanas adalah bromelain, enzim pencernaan yang kuat. Studi menunjukkan suplementasi bromelain (enzim pencernaan) bisa membantu pemecahan protein.

BACA JUGA :  Tidur Nyenyak Tapi Anda Masih Merasa Lelah? Ini Alasannya

Ini bisa membantu mengobati insufisiensi pankreas, gangguan pencernaan di mana pankreas tidak menghasilkan cukup enzim tertentu yang digunakan tubuh untuk mencerna makanan di usus kecil. Formula dengan bromelain sebagai salah satu bahan utama bisa meredakan perut kembung dan diare yang berlebihan.

3. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian telah menyatakan bromelain dalam nanas mungkin memiliki aktivitas anti-kanker. Enzim ini mungkin memiliki dampak langsung pada sel kanker dan lingkungannya. Bromelain menunjukkan efek anti kanker pada sel kanker usus besar. Makanan yang mengandung bromelain dianggap sebagai kandidat yang baik untuk mengurangi risiko kanker kolorektal. Bromelain juga bisa menghambat perkembangan kanker dengan melawan peradangan, kontributor utama kanker.

Ini mencegah generasi lebih lanjut dari sel kanker dengan mengekspos mereka ke sistem kekebalan tubuh. Berbagai laporan tradisional dan klinis menunjukkan sifat anti-kanker dari bromelain nanas. Studi lebih lanjut mungkin menawarkan hasil yang lebih menjanjikan di bidang ini.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bromelain dalam nanas ditemukan mampu untuk mengurangi agregasi trombosit darah. Ini bisa membantu mengobati tromboflebitis akut (suatu kondisi yang ditandai dengan pembekuan darah). Namun, penelitian lebih lanjut pada populasi manusia diperlukan untuk menyimpulkan efek menguntungkan dari bromelain pada penyakit kardiovaskular. Bromelain juga bisa memecah plak kolesterol, yang selanjutnya meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA :  Derita Murdiman Mengidap Penyakit Daging Tumbuh

Khasiatnya dalam pengobatan penyakit jantung lainnya, termasuk penyakit jantung koroner, penyakit jantung rematik, penyakit jantung bawaan, dan serangan jantung masih belum terbukti.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bromelain dalam nanas bisa memodulasi sistem kekebalan tubuh dan berpotensi mempercepat penyembuhan luka. Anak-anak yang mengonsumsi jus nanas juga memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi mikroba.Buah ini ditemukan meningkatkan konsentrasi sel darah putih yang melawan penyakit hingga empat kali lipat.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ada penelitian terbatas dalam aspek ini. Vitamin C dalam nanas bisa bermanfaat bagi kulit. Vitamin meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan. Nanas adalah buah yang tampak luar biasa dengan manfaat yang sama menakjubkannya. Tidak ada alasan Anda tidak boleh menambahkannya ke dalam diet.(fny/jpnn/rl)